Otomotif
·
12 September 2018 20:49

All New Honda Brio: Harga Naik Tanpa Fitur Baru

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Video

Kami bisa saja tambah-tambah (fitur), tapi harga jadi Rp 200-300 juta

- Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy

ADVERTISEMENT
PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya merilis harga Brio baru di Djakarta Theater pada Rabu (12/9). Dibubuhi label `all new`, ubahan pada mobil lima penumpang itu memang begitu terlihat di eksterior.
Dibandingkan model terdahulu, ubahan cukup mencolok, khususnya di bagian belakang, yang kini meninggalkan desain setrikaan --mirip Civic Wonder. Bukan cuma itu, dimensinya juga dibuat melar atau tepatnya lebih panjang untuk memberikan akomodasi ruang kabin yang lebih lapang.
Meski bikin pangling untuk urusan desain dan kosmetika, Honda justru tidak menambah fitur baru apapun pada all new Brio. Hanya saja, ABS+EBD kini jadi fitur standar pada semua varian --sebelumnya cuma ada di varian tertinggi.
All New Honda Brio: Harga Naik Tanpa Fitur Baru  (389910)
Honda Brio Satya juga mengikuti ubahan Brio RS (Foto: dok. HPM)
Karena LCGC
PT HPM tentu punya dalih. Berdasarkan survei, formulasi pada all new Brio saat ini yang dicari. Development Leader Honda R&D Asia Pasific, Tsutomu Harano, berpendapat bahwa strategi tersebut dilakukan untuk menjaga harga Honda Brio tetap kompetitif.
ADVERTISEMENT
"Kalau secara pribadi saya inginnya menambah fitur sebanyak mungkin. Tapi ada keterbatasan dari sisi LCGC. itu yang membatasi. Jadi bukannya Honda tidak mau menambahkan fitur-fitur," terang dia.
All New Honda Brio: Harga Naik Tanpa Fitur Baru  (389911)
Mobil All New Brio pada pameran GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (3/8). (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Dia pun mengharapkan adanya feedback dari konsumen jika memang ada fitur yang dirasa memang benar-benar diperlukan sehingga bisa diusahakan untuk ada ke depannya.
All New Honda Brio: Harga Naik Tanpa Fitur Baru  (389912)
Mobil All New Brio pada pameran GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (3/8). (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
All New Brio RS
Oke alasan itu masuk akal untuk tipe Satya, yang masuk dalam skema LCGC. Tapi bagaimana dengan Brio RS?
Menurut Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy, "segmen ini (city car) harga sangat sensitif. Fitur-fitur yang mau ditambahkan juga sangat hati-hati. Apakah ini berupa kebutuhan atau keinginan?"
Lebih lanjut, dia menilai bahwa fitur yang ada pada all new Brio ini sudah menjawab kebutuhan konsumen mereka. Apalagi dalam menciptakan mobil ini, jenama Jepang ini berupaya untuk memasarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang kompetitif.
All New Honda Brio: Harga Naik Tanpa Fitur Baru  (389913)
All new Honda Brio (Foto: dok. HPM)
"Konsumen di segmen ini kebutuhannya spesifik, 'barang yang bisa saya pakai setiap hari, yang memberi banyak keuntungan.' Jadi yang jadi prioritas utama itu fungsionalitas, seperti mesin yang irit bahan bakar, running cost kecil, kendaraan yang lebih besar."
ADVERTISEMENT