Otomotif
·
12 November 2020 9:17

All New Honda PCX Bermesin 4 Katup Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
All New Honda PCX Bermesin 4 Katup Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya (585738)
Tampilan depan All New Honda PCX 125. Foto: Honda Motorcyle Uk
Honda Eropa resmi mengumbar tampilan baru dari all new Honda PCX 125. Model teranyar ini mendapatkan pembaruan dari segi fitur, tampilan, dan juga dapur pacu.
ADVERTISEMENT
Oke, pertama kita bahas tampilannya lebih dulu. Secara desain masih mengusung tampilan yang sama namun beberapa detail bodi dibuat lebih tajam. Contohnya pada bagian bodi depan, lekukan bodi samping dan juga buritan belakang.
All New Honda PCX Bermesin 4 Katup Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya (585739)
Desain depan All New Honda PCX 125. Foto: Honda Motorcyle Uk
Desainnya sedikit mengambil DNA dari motor matik premium Forza 250. Desain velg juga mengusung model baru yang terlihat lebih sporty dan lebar.
All new Honda PCX masih mengemas rangka berbahan baja tapi ada beberapa ubahan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Mesin baru dengan 4 katup

All New Honda PCX Bermesin 4 Katup Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya (585740)
Mesin baru All New Honda PCX 125. Foto: Honda Motorcyle Uk
Sementara dari sektor mesin, PCX 125 2021 menggunakan jantung mekanis baru. Sekarang disokong mesin new eSP+ dengan 4 katup. Rancang mesin ini diklaim lebih irit bahan bakar dan juga bertenaga.
Secara spesifikasi, rangkanya menggendong eSP+ 4 katup, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Tenaga maksimalnya 12,3 daya kuda pada 8,75 ribu rpm dan torsi 11,8 Nm di 6.500 rpm.
ADVERTISEMENT
Apa untungnya menggunakan mesin dengan 4 katup? Secara teori ada perbedaan cukup besar, pengguna katup berjumlah 4 ini akan mengoptimalkan proses masuknya gas baru (campuran udara dan bahan bakar) dan keluarnya gas buang sisa pembakaran. Hasilnya akan ada peningkatan tenaga dan efisiensi BBM yang lebih irit.

Punya fitur seperti di Forza

All New Honda PCX Bermesin 4 Katup Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya (585741)
Panel instrume All New Honda PCX 125. Foto: Honda Motorcyle Uk
Sementara untuk sisi fitur, all new PCX 125 sekarang mengadopsi teknologi seperti di Honda Forza. Ya, dia sekarang punya fitur Honda Selectable Torques Control (HTSC).
Fungsi fitur ini menjaga ban belakang agar tak mengalami wheelspin (tergelincir). Kemudian ada juga fitur ABS, idling stop, pemanas grip, keyless, hingga tampilan panel instrumen yang baru.

All new Honda PCX 150 4 katup di Indonesia

All New Honda PCX Bermesin 4 Katup Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya (585742)
Lampu belakang All New Honda PCX 125. Foto: Honda Motorcyle Uk
Meluncurnya all new Honda PCX 125 di pasar Eropa, setidaknya membawa sinyal soal kabar PCX 150 juga akan mendapat pembaruan, khususnya di jantung mekanis.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, PCX bermesin konvensional hanya tersedia dalam pilihan kubikasi 150 cc saja.
All New Honda PCX Bermesin 4 Katup Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya (585743)
Yamaha Nmax dan Honda PCX Foto: dok. kumparan
Secara dapur pacu, jika disandingkan dengan kompetitornya Yamaha NMax memang sedikit tertinggal. NMax sudah lebih dulu mengaplikasikan mesin 4 katup sejak 2014 lalu.
Di generasi terakhir Honda PCX masih mengandalkan kepala silinder dengan 2 katup saja. Lalu kapan Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan generasi terbaru dari PCX 150?
All New Honda PCX Bermesin 4 Katup Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya (585744)
Tampilan belakang All New Honda PCX 125. Foto: Honda Motorcyle Uk
General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, bahwa PCX adalah salah satu produk andalan mereka. Namun, sayangnya dia enggan membeberkan kapan pihaknya akan meluncurkan model terbaru, termasuk soal kabar penggunaan mesin 4 klep.
"Sejauh ini kami masih berusaha memenuhi permintaan konsumen dengan model yang sudah ada. Kami belum memiliki rencana (memperbarui PCX) tersebut," kata Muhib.
All New Honda PCX Bermesin 4 Katup Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya (585745)
Desain velg baru All New Honda PCX 125. Foto: Honda Motorcyle Uk
Tapi perlu diingat, setiap jawaban yang diungkap oleh pabrikan bisa saja jadi jawaban diplomatis. Maksudnya adalah strategi merahasiakan sebuah produk yang belum bisa diumbar ke publik.
ADVERTISEMENT
Apalagi, jika melihat peta persaingan antara PCX dan NMax masih ketat hingga sekarang. Sudah barang tentu Honda tak ingin ketinggalan langkah dari kompetitornya.