kumparan
5 Juli 2019 11:39

All New Nissan Livina: Spesifikasi, Fitur, dan Skema Kredit

Test drive Nissan Livina
Test drive Nissan Livina Foto: dok. NMI
Nissan secara resmi meluncurkan All New Livina pada bulan Februari lalu. Pada generasi keduanya tersebut, all new Livina hadir dengan platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, sejak peluncurannya Februari lalu, penjualan all new Livina bisa dibilang belum begitu baik. Mengacu data Gaikindo, sejak peluncurannya hingga bulan Mei lalu, penjualan all new Livina baru mencapai 4.427 unit.
Bagi Anda yang sedang mencari sebuah mobil low MPV yang memiliki desain kekinian, tak ada salahnya untuk memilih mobil yang satu ini. Dan untuk membantu Anda mengenali spesifikasi terkait mobil ini, berikut kumparan sajikan spesifikasi, fitur, harga, dan skema kredit dari all new Nissan Livina.
Spesifikasi
Low MPV yang satu ini memiliki dimensi panjang 4.510 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm dengan ground clearence 200 mm. Dari segi tampilan, all new Livina memiliki bahasa desain yang lebih luxury dan mewah dibanding Xpander yang memiliki bahasa desain futuristik dan sporty.
Nissan Livina
Test drive Nissan Livina terbaru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Serupa dengan Xpander, all new Livina ini juga memiliki lampu depan dengan dual signature LED DRL di bagian atasnya. Sementara untuk lampu utamanya, berada di bawah dengan bohlam halogen. Terdapat juga lampu kabut yang berbentuk pipih di bagian bemper bawah.
ADVERTISEMENT
Untuk bagian sampingnya, all new Livina menggunakan pelek berukuran 16 inci berkelir two-tone. Pada bagian belakangnya, all new Livina juga telah menggunakan lampu belakang LED.
Masuk ke bagian dalamnya, mobil ini memiliki desain dasbor yang hampir serupa dengan Xpander. All new Livina telah dilengkapi oleh pengaturan stir secara tilt dan telescopic. Terdapat juga power outlet 12 volt untuk pengisian daya gadget di ketiga barisnya.
Pada sistem infotainmentnya, all new Livina dibekali head unit berukuran 7 inci yang dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.
Nissan Livina
Head unit Nissan Livina terbaru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Fitur
Untuk urusan fitur, all new Livina memiliki ragam fitur yang cukup mumpuni. Pada fitur keselamatannya, all new Livina telah dilengkapi oleh sabuk keselamatan 3 titik di ketiga barisnya, lengkap dengan pengingat sabuk keselamatan untuk pengemudi dan penumpang di baris pertama.
ADVERTISEMENT
Terdapat juga beberapa fitur seperti sistem pengereman ABS dan EBD, SRS Airbag, Auto Hazard Light, Immobilizer, dan Rear View Parking Camera dengan sensor parkir untuk semua tipe.
All New Nissan Livina
All New Nissan Livina Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Sementara untuk tipe VL AT dan VE AT akan mendapatkan penambahan fitur berupa Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA) dan Brake Assist (BA).
Mesin
Menyoal jantung mekanisnya, Nissan all new Livina dibekali mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1.5 liter. Di atas kertas, mesin tersebut memiliki tenaga 102 dk pada 6000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm di 4000 rpm.
All New Nissan Livina
All New Nissan Livina Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Mesin tersebut selanjutnya dipadukan dengan 2 pilihan transmisi yaitu otomatik 4-percepatan dan manual 5-percepatan.
Harga
Nissan all new Livina hadir dengan 5 varian dengan rentan harga mulai dari Rp 198,8 juta untuk yang termurah, hingga Rp 261,9 juta untuk yang termahal.
ADVERTISEMENT
All new Livina E MT 198,8 juta
All new Livina EL MT 223 juta
All new Livina EL AT 233 juta
All new Livina VE AT 249,9 juta
All new Livina VL AT 261,9 juta
Skema Kredit
Bagi Anda yang berminat meminang mobil ini dengan skema pembayaran kredit, berikut kami berikan gambaran terkait skema kredit Nissan all new Livina untuk tipe EL MT dan VL AT.
Mengacu penghitungan simulasi kredit dari BCA Finance, untuk tipe EL MT yang memiliki harga Rp 223 juta, Anda diharuskan membayar DP (Down Payment) sebesar 30 persen atau sekitar Rp 66,9 juta.
Skema kredit all new Nissan Livina
Skema kredit all new Nissan Livina Foto: dok. BCA Finance
Untuk cicilan per bulannya, dengan asuransi kombinasi antara comprehesive dan TLO, Anda akan dikenakan cicilan Rp 3,5 juta per bulan untuk tenor 5 tahun dan Rp 5,1 untuk tenor 3 tahun.
Skema kredit all new Nissan Livina
Skema kredit all new Nissan Livina Foto: dok. BCA Finance
Sementara untuk tipe VL AT yang seharga Rp 261,9 juta, Anda diharuskan membayar DP (Down Payment) 30 persen sekitar Rp 78.570.000.
Skema kredit all new Nissan Livina
Skema kredit all new Nissan Livina Foto: dok. BCA Finance
Lalu, untuk cicilan perbulannya dengan skema asuransi yang sama yaitu kombinasi antara comprehensive dan TLO, Anda akan dikenakan cicilan Rp 4,1 per bulan untuk tenor 5 tahun dan Rp 6 jutaan untuk tenor 3 tahun.
Skema kredit all new Nissan Livina
Skema kredit all new Nissan Livina Foto: dok. BCA Finance
Harga dan skema kredit Nissan all new Livina di atas tentu saja masih bersifat fleksibel. Artinya Anda masih dapat merubah skema kredit tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Dan jangan lupa juga untuk menanyakan diskon kepada para tenaga penjualnya agar mendapatkan harga yang lebih murah lagi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan