kumparan
11 Februari 2018 10:43

All New Toyota Rush: Low SUV Kekinian

Toyota Rush
Toyota Rush (Foto: Dok. TAM)
All new Toyota Rush akhirnya mendapat versi penyegaran yang signifikan setelah eksistensinya sejak tahun 2006 silam. Mobil low sport-utility vehicle (LSUV) itu kini punya wujud yang benar-benar berbeda dibanding versi pendahulu.
ADVERTISEMENT
Secara desain tampilannya memang bertransformasi. Bila dulu dibuat kotak dengan konde sebagai ciri khas, kini diubah agar terlibat sporty dan elegan.
Pun dengan interiornya. All new Rush berubah total. Tatanan dashboard-nya memakai kombinasi antara warna hitam dan garis putih berbahan kulit yang membuatnya tidak terlihat monoton.
AC sudah full digital, kisi-kisi AC berubah, juga panel instrumen pun paduan Multi Information Display (MID) dengan analog dengan warna yang baru.
“Sekarang dibuat agak ke urban SUV untuk menyesuaikan dengan tren pasar,” terang Zakki Madawvosi saat memberikan paparan di coaching clinic Road Trip kumparan.
SUV lanjutnya saat ini memang menjadi gaya hidup. Mobil yang secara spesies tangguh di medan-medan off-road kini sedikit digeser fungsinya sebagai kendaraan kota.
Interior All New Rush
Interior all new Toyota Rush (Foto: dok. Toyota-Astra Motor)
Meskipun ciri khas sebagai sebuah SUV-nya tetap dipertahankan. Salah satunya tinggi ground clearance mencapai 220 milimeter, atau naik 20 milimeter dibanding model sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Tapi akomodasi dan fungsinya ditambah. Zakki menjelaskan bahwa all new Toyota Rush kini menonjolkan kendaraan tujuh penumpang untuk memberikan keleluasaan ruang kabin.
Kursi tengah menggunakan mekanisme pelipatan kursi 60-40 yang bisa sliding, dan pelipatan kursi belakang 50-50 yang dapat dilipat terpisah untuk memaksimalkan bagasi belakang.
“MPV yang menjadi tulang punggung penjualan kami, kami terapkan juga di all new Rush,” paparnya.
Interior All New Toyota Rush
Interior all new Toyota Rush (Foto: dok. Toyota-Astra Motor)
Selain aspek desain, fitur keselamatan juga jadi perhatian Toyota. Di all new Toyota Rush, sudah terdapat enam buah airbag yang tersebar pada sisi depan dan samping (curtain).
Tak luput ada Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal, Seat Belt Reminder, dan kursi ISOFIX sudah tersematkan lengkap pada mobil ini, baik varian G ataupun TRD Sportivo.
Evolusi Toyota Rush
Evolusi Toyota Rush (Foto: Sabryna Putri Muviola)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan