Otomotif
·
20 Maret 2021 8:08

All New Yamaha MX-King Resmi Meluncur di Malaysia, Kapan Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
All New Yamaha MX-King Resmi Meluncur di Malaysia, Kapan Indonesia? (1035738)
searchPerbesar
All new Yamaha Y16ZR alias MX-King meluncur di Malaysia. Foto: Paultan
All Yamaha Y16ZR atau di Tanah Air lebih dikenal sebagai MX-King resmi mengaspal untuk pasar otomotif Malaysia. Sebelumnya motor ini juga sudah lebih dulu mendebut di Vietnam dengan nama Exciter 155.
ADVERTISEMENT
Mengutip Paultan, Y16ZR merupakan model peningkatan dari Y15ZR dengan membawa jantung mekanis yang sama dengan Yamaha R15 dan MT15.
All New Yamaha MX-King Resmi Meluncur di Malaysia, Kapan Indonesia? (1035739)
searchPerbesar
All new Yamaha Y16ZR alias MX-King meluncur di Malaysia. Foto: dok. Paultan
Rangka barunya menggendong mesin silinder tunggal 155 cc, berpendingin cairan, dan pengabut injeksi. Di generasi terbaru ini, sudah dilengkapi dengan teknologi variabel katup alias VVA.
Penggunaan jantung mekanis baru ini membuat tenaganya dari MX-King versi Malaysia menjadi 17,7 dk pada putaran mesin 9.500 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm di 8.000 rpm. Data performa itu menunjukkan adanya peningkatan tenaga sebanyak 2,3 dk serta torsi 0,6 Nm jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.
Bicara tampilan, garis besarnya tak berbeda dengan model yang lebih dulu dijual di Vietnam. Perbedaannya hanya ada di sektor livery dan opsi warna saja.
All New Yamaha MX-King Resmi Meluncur di Malaysia, Kapan Indonesia? (1035740)
searchPerbesar
All new Yamaha Y16ZR alias MX-King meluncur di Malaysia. Foto: dok. Paultan
YZ16R atau MX-King ini memang mendapati ubahan besar pada bagian tampilan. Misalnya pada lampu depan yang menjadi lebih agresif, lampu belakang yang menyerupai Yamaha R Series, dan beberapa ubahan detail lainnya.
ADVERTISEMENT
Sistem pencahayaan juga sudah mengusung teknologi LED baik di depan dan belakang. Untuk meningkatkan tampilan, kini juga dilengkapi dengan lampu DRL di depan.
All New Yamaha MX-King Resmi Meluncur di Malaysia, Kapan Indonesia? (1035741)
searchPerbesar
All new Yamaha Y16ZR alias MX-King meluncur di Malaysia. Foto: dok. Paultan
Tak cuma itu, panel instrumen kini juga lebih modern dengan teknologi full digital yang menampilkan semua informasi penting pada kendaraan. Layaknya motor sport, YZ16R juga sudah dibekali dengan tombol engine cut off pada bagian saklar kanan.
Sementara pada sisi dek samping kiri disematkan sebuah soket pengisian gawai dengan daya 12 volt. Menambah sisi kenyamanan, volume tangki BBM juga membengkak menjadi 5,4 liter dari sebelumnya 4,2 liter.
Di Negeri Jiran, all new Yamaha MX-King dijual dengan banderol 10.800 RM atau setara dengan 38,1 juta. Ini jadi kali pertama Malaysia meluncurkan MX-King sebelum negara Indonesia dan Thailand.
ADVERTISEMENT

Sinyal meluncur di Indonesia

All New Yamaha MX-King Resmi Meluncur di Malaysia, Kapan Indonesia? (1035742)
searchPerbesar
All new Yamaha Y16ZR alias MX-King meluncur di Malaysia. Foto: dok. Paultan
kumparan sudah coba bertanya soal kapan Yamaha Indonesia meluncurkan generasi terbaru dari MX-King. Mengingat motor ini sudah cukup lama tak mendapat penyegaran, terakhir kali Yamaha melakukan ubahan di 2015.
Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro buka suara soal ini
"Yang beda antara di sini dan di sana (Vietnam) apa? Kira-kira konsumen butuh itu enggak, kalau jawabannya butuh kita pertimbangkan," terang Anton di Bogor, belum lama ini.
All New Yamaha MX-King Resmi Meluncur di Malaysia, Kapan Indonesia? (1035743)
searchPerbesar
All new Yamaha Y16ZR alias MX-King meluncur di Malaysia. Foto: dok. Paultan
Meski begitu, seperti biasa, Anton mengatakan untuk saat ini belum ada rencana untuk menetaskan generasi paling baru dari MX-King di Indonesia.
Alasannya soal bisnis, di Indonesia motor matik memang jadi primadona. Dia tak menampik memang fokusnya pada motor matik, tapi tak menutup peluang juga untuk kembali meramaikan segmen motor pedal.
ADVERTISEMENT
"Market peminat motor bebek itu tetap ada, utamanya daerah-daerah luar Jawa dan segmentasinya anak muda yang suka bebek itu ada. Tapi ya jauh jika dibandingkan dengan matik, orang lebih cenderung ke matik," ungkapnya.
All New Yamaha MX-King Resmi Meluncur di Malaysia, Kapan Indonesia? (1035744)
searchPerbesar
Warna baru Yamaha Jupiter MX King Foto: dok. YIMM
Saat ini Yamaha MX-King dilego oleh YIMM dengan banderol paling murah Rp 24.075.000. Mungkinkah jika nanti all new MX-King meluncur di Indonesia, harganya akan lebih murah ketimbang Malaysia dan Vietnam? Kita tunggu saja kabarnya.