Otomotif
·
8 Juni 2021 10:10
·
waktu baca 2 menit

Antara Avanza dan Xpander Bekas, Pilih yang Mana?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Antara Avanza dan Xpander Bekas, Pilih yang Mana? (34024)
Mitsubishi Xpander bekas. Foto: dok. Istimewa
Mayoritas penjual mobil bekas masih mengamini model berupa Low MPV masih mendominasi penjualan. Utamanya yang menjadi andalan berupa Toyota Avanza dan kawan-kawan.
ADVERTISEMENT
Namun Yudy Budiman, penggawa Indigo Auto salah satu penjual di bursa mobil bekas BEZ Auo Center, Gading Serpong, Tangerang mengatakan sejak kemunculan Mitsubishi Xpander, selera pasar berubah.
"Dulu kan yang megang masih Avanza dan Xenia ya, sekarang hal itu nggak berlaku lagi karena Xpander. Jadi bahasanya misalnya ada stok Avanza dan Xpander, yang prospek kebanyakan Xpander," buka Yudy kepada kumparan Senin (7/6).
Meskipun secara harga Xpander bekas masih bertahan cukup tinggi ketimbang Avanza, konsumen Yudy rata-rata mengincar unsur kebaruan dan kelengkapan fitur pada Mitsubishi Xpander.
Misalnya untuk model yang keduanya sama-sama rakitan 2018. Rata-rata Xpander dilego mulai Rp 197 hingga Rp 225 jutaan. Sementara Avanza bekas Rp 140 sampai Rp 175 jutaan untuk versi Veloz.
ADVERTISEMENT
Pada tahun tersebut dua-duanya belum di-facelift. Tapi secara fitur khususnya perbandingan pada tipe tertinggi, Xpander unggul karena punya cruise control, AC digital, keyless, kontrol stabilitas, Emergency Stop Signal, dan Hill Start Assist.
"Karena kita nggak bisa bantah bahwa kondisi spesifikasi Xpander lebih baik gitu. Di dalamnya aja nggak terasa Low MPV, kalau Avanza, waduh dalamya begitu lagi-begitu lagi," tambahnya.
Antara Avanza dan Xpander Bekas, Pilih yang Mana? (34025)
Toyota Avanza bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Namun begitu Avanza bekas bukannya dihindari para pembeli. Dominasinya papar Yudy adalah konsumen yang mengincar pilihan mesin 1.300 atau 1.500 cc dan mobil penggerak belakang. Sebab boleh dibilang cuma Avanza atau Xenia Low MPV yang rear wheel drive (RWD).
"Tapi tetap soal durabilitas memang keunggulannya Avanza apalagi penggerak belakang kan, pasti ada aja yang nyari ketimbang model yang lainnya," pungkas Yudy.
ADVERTISEMENT

Model selain Avanza dan Xpander bekas

Tak cuma duo Avanza-Xpander, Indigo Auto juga menjajakan MPV murah lainnya seperti Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga. Hanya saja pamornya tak sekuat dua model yang dibicarakan sebelumnya.
"Dari market nggak bisa head to head ke Avanza dan Xpander, Mobilio itu karena ground clearance lebih rendah jadi beberapa orang menilai nggak semua trek bisa dilalui, sementara Ertiga baik lama atau baru kurang populer desainnya jadi agak mikir orangnya beli Avanza atau Xpander lebih oke," katanya.
Antara Avanza dan Xpander Bekas, Pilih yang Mana? (34026)
Ilustrasi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander bekas. Foto: dok. Istimewa
Secara harga baik Mobilio dan Ertiga banderolnya setara Avanza. Khusus Ertiga dilego mulai Rp 142 hingga Rp 180 jutaan untuk lansiran 2018. Sementara Mobilio dari Rp 150 hingga Rp 183 jutaan.
ADVERTISEMENT