Otomotif
·
21 November 2020 19:26

Anti Norak, Begini Cara Operasikan Tuas Transmisi Mobil Mercedes-Benz

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Anti Norak, Begini Cara Operasikan Tuas Transmisi Mobil Mercedes-Benz (247456)
Mercedes-Benz GLE 450 AMG Line CKD. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Eksistensi merek mobil Mercedes-Benz di Indonesia kini telah memasuki 50 tahun. Selama hampir setengah abad itu, Mercedes-Benz terus jadi pilihan bagi masyarakat menengah ke atas yang mencari mobil mewah.
ADVERTISEMENT
Sebagai merek mobil premium, tentu saja berbagai teknologi dan fitur canggih terus dihadirkan oleh Mercedes-Benz. Salah satunya menyoal fitur tuas transmisi.
Berbeda dari mobil pada umumnya yang punya letak tuas transmisi di konsol tengah, mobil-mobil terbaru Mercedes-Benz justru punya tuas transmisi di bagian belakang setir sebelah kanan.
Anti Norak, Begini Cara Operasikan Tuas Transmisi Mobil Mercedes-Benz (247457)
Mercedes-Benz GLE 450 AMG Line CKD. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Pada mobil-mobil keluaran Jepang, umumnya posisi tuas ini berfungsi untuk mengoperasikan lampu sein dan lampu utama. Sementara di beberapa mobil Eropa, tuas ini berguna untuk mengaktifkan wiper mobil.
Lalu bagaimana cara mengoperasikannya?
Cara mengoperasikannya sebenarnya tidaklah rumit. Pengemudi hanya cukup menaikkan atau menurunkan sesuai kebutuhan. Mengingat tuas ini diperuntukkan untuk mobil otomatik, maka pilihan level transmisinya hanya ada P (Park), N (Neutral), R (Reverse), dan D (Drive).
ADVERTISEMENT
Untuk memindahkan ke posisi D, maka cukup menggeser tuas transmisi ke arah bawah. Tentu saja harus menginjak pedal rem terlebih dahulu.
Anti Norak, Begini Cara Operasikan Tuas Transmisi Mobil Mercedes-Benz (247458)
Ilustrasi penggunaan tuas transmisi Mercedes-Benz. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Bila ingin mengoper ke gigi mundur atau R, maka bisa menggesernya ke posisi paling atas dengan sambil menginjak pedal rem. Dan untuk posisi Neutral, cukup menempatkannya di posisi tengah antara R dan D.
Terakhir untuk posisi P, pengemudi hanya cukup memencet tombol yang ada di tuas tersebut.
Anti Norak, Begini Cara Operasikan Tuas Transmisi Mobil Mercedes-Benz (247459)
Ilustrasi penggunaan tuas transmisi Mercedes-Benz. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Keunggulan letak tuas transmisi yang berada di balik kemudi ini tentu sangat menyoal pengoperasiannya yang jadi jauh lebih mudah. Pengemudi jadi tidak perlu repot lagi menggeser tangannya dari kemudi ke tuas transmisi di konsol tengah.
Meskipun begitu, letak tuas transmisi tersebut bukan tanpa kelemahan. Dengan posisinya yang berada di balik kemudi itu, tidak jarang bagi beberapa pengemudi yang belum terbiasa, terlupa memencet tuas transmisi itu saat hendak menyalakan lampu sein.
ADVERTISEMENT
Akibatnya, posisi level transmisi yang tadinya berada di D, maka secara otomatis akan bergeser ke posisi N. Namun tenang saja, tuas transmisi ini tidak akan bergeser ke posisi R apabila laju mobil sudah terlalu kencang.
Dia hanya akan bergeser ke posisi N saja, meskipun Anda tidak sengaja mengoper ke level R.
Anti Norak, Begini Cara Operasikan Tuas Transmisi Mobil Mercedes-Benz (247460)
Mercedes-Benz GLE 450 AMG Line CKD. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Bagaimana dengan letak rem parkir di Mercedes-Benz?
Posisi rem parkir dari Mercedes-Benz ini tidak jarang juga sering membuat bingung para pengemudi yang belum terbiasa mengemudikan Mercedes-Benz terbaru.
Sebab, bila pada mobil umumnya letak rem parkir berada di konsol tengah atau di kaki kiri. Khusus Mercedes-Benz terbaru, letak tombol rem parkir elektriknya berada di dasbor sebelah kanan bagian bawah.
Letaknya, biasanya berada di bagian bawah pengaturan lampu, tepatnya dekat dengan posisi dengkul kaki kanan. Cara mengoperasikannya juga terbilang mudah.
ADVERTISEMENT
Pengemudi hanya cukup memencetnya apabila ingin mengaktifkannya dan menariknya apabila ingin menonaktifkan. Tak hanya itu saja, fitur rem parkir ini juga bisa bekerja otomatis.
Anti Norak, Begini Cara Operasikan Tuas Transmisi Mobil Mercedes-Benz (247461)
Interior Mercedes-Benz GLE 450 AMG Line CKD. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Caranya Anda cukup memposisikan tuas transmisi ke posisi P. Berikutnya rem parkir akan otomatis aktif apabila pintu bagian pengemudi dibuka. Dengan cara ini, maka pengemudi tak perlu khawatir terlupa mobilnya belum di rem parkir.
Nah itu tadi cara mengoperasikan tuas transmisi dari Mercedes-Benz terbaru yang punya posisi berbeda dari mobil pada umumnya. Jadi buat Anda yang mungkin baru pertama kali mengemudikan mobil Mercedes-Benz terbaru, jangan sampai salah pencet lagi ya.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)