Asa Suzuki Baleno Hatchback Curi Pasar Honda Jazz dan Toyota Yaris

3 Agustus 2017 20:55 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suzuki Baleno (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Suzuki Baleno (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
ADVERTISEMENT
Suzuki Idomobil Sales (SIS) memiliki amunisi baru dengan merilis Baleno Hatchback. Mobil yang awalnya berjenis sedan itu kini bertransformasi. Modal sudah dipegang dan berharap mampu mencuri pasar hatchback.
ADVERTISEMENT
“Ada dua dasar yang membuat kami berani merilis Baleno ini. Pertama, soal potensi pasar hatchback dalam persepsi suzuki market hatchback dan kedua banyaknya orang yang mulai memilih hatchback daripada sedan,” kata Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT SIS, Harold Donnel, di acara Media Test Drive Suzuki Baleno di Bogor, Kamis (3/8).
Lebih lanjut, bila mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar hatchback berada di angka 4.000-6.000 unit. Pabrikan berlambang ˋSˋ ini berharap bisa mencuri 10 persen dari total pasar.
“Minat konsumen terhadap hatchback semakin tinggi karena bila lihat periode tahun 90an hingga 2000, eksekutif muda dulu beli sedan, sementara untuk saat ini sudah berubah ke hatchback,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Suzuki tentu saja sudah memiliki sejumlah jurus untuk menggarap segmen hatchback. Harold mengaku tak mau seperti pabrikan lain, mereka pun harus menempuh cara-cara baru.
“Kami lebih brainwash sales force. Kami harus cari konsumen yang karakternya seperti ini, sehingga akan melakukan aktivitas test drive ke ke beberapa perkantoran di Jakarta, Makassar, atau Surabaya,” jelas dia.
Suzuki Baleno (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Suzuki Baleno (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Sementara dari sisi produk, Harold mengaku yakin Suzuki Baleno Hatchback bisa menjadi alternatif pilihan yang kompetitif dibandingkan kompetitor. “Secara produk ini revolusioner (dari sedan ke hatchback), kemudian dari sisi harga akan ditawarkan di bawah Rp 200 juta, dan mesin irit BBM,” katanya.
Suzuki Baleno menganut bahasa desain yang bisa dibilang sederhana namun memberikan kesan elegan. Pada tampilan depan, bentuk khasnya tertuang pada grill v-shaped dengan aksen krom.
ADVERTISEMENT
Mobil juga memiliki lampu proyektor HID dengan DRL dan lampu belakang LED. Baleno Hatchbak juga punya lampu kabut, rear spoiler dengan high mount stop lamp, juga bumper depan dan belakang yang dibuat sporty.
Sementara di interior, Baleno Hatchback ini menawarkan kelapangan di kabin, mekanisme pelipatan kursi 60:40, dan ruang bagasi yang luas.