Otomotif
·
22 Agustus 2020 14:34

Asyik, Beli Motor Listrik Bebas Biaya Uang Muka dan BBN-KB

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Asyik, Beli Motor Listrik Bebas Biaya Uang Muka dan BBN-KB  (95857)
Booth Motor Gesits di IIMS MotoBike Expo 2019 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menerbitkan kebijakan baru terkait batasan minimal uang muka atau down payment untuk pembiayaan mobil dan motor listrik dari yang sebelumnya 5-10 persen menjadi 0 persen.
ADVERTISEMENT
Kebijakan penurunan DP minimal mobil dan motor listrik itu rencananya akan mulai diterapkan pada 1 Oktober 2020.
"Berlaku efektif mulai 1 Oktober 2020, dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (19/8).
Menanggapi kebijakan baru itu, berbagai agen pemegang merek (APM) merespons positif.
Deputy Director Sales & Distribution PT Gesits Technologies Indo (GTI), Abdullah Alwi, mengatakan hal tersebut sudah sejalan dengan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 Pasal 17 Bab 3 perihal pemberian insentif fiskal dan non fiskal bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.
Menurut saya ini sebuah langkah cerdas yang diberikan BI dengan mempermudah kepemilikan sepeda motor listrik melalui DP 0 persen. Artinya, ini bisa meningkatkan keberanian customer untuk mencoba bermigrasi ke motor listrik," ucap Alwi kepada kumparan Jumat (21/8).
Asyik, Beli Motor Listrik Bebas Biaya Uang Muka dan BBN-KB  (95858)
Sepeda motor listrik GESITS Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Senada dengan Gesits, PT Triangle Motorindo (Viar) melalui marketing communication-nya, Franky Osmond, juga mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Franky juga tidak menampik apabila saat ini mayoritas pembeli motor listrik di tempatnya melakukan pembelian secara kredit.
ADVERTISEMENT
"Sampai saat penjualan di tempat kami 80 persen itu secara kredit, jadi harapan kami kebijakan ini bisa semakin menggairahkan pasar otomotif terutama buat masyarakat yang ingin memiliki motor listrik," jelas Franky.
Asyik, Beli Motor Listrik Bebas Biaya Uang Muka dan BBN-KB  (95859)
Viar New Q1 Foto: Alfons Yoshio
Walau menyambut positif hal tersebut, Franky juga mengatakan agar pemerintah tidak hanya memberikan stimulus melalui insentif keuangan saja, namun juga memperhatikan berbagai infrastruktur yang ada.
"Namun, kembali lagi bahwa tentunya percepatan pembangunan infrastruktur pendukung seperti tempat charging dan fasilitas pendukung lainnya juga sangat penting," tambah Franky.
Nah, bagi Anda yang mungkin mulai tertarik meminang motor listrik, berikut kumparan sajikan daftar harga terbaru motor listrik di Indonesia.
Asyik, Beli Motor Listrik Bebas Biaya Uang Muka dan BBN-KB  (95860)
Motor listrik Selis Foto: dok, Istiimewa

Daftar harga motor listrik.

  1. Gesits - Rp 27,5 juta
  1. Viar Q1 - Rp 18,95 juta
ADVERTISEMENT
  1. Selis E-Max - Rp 15,5 juta
  1. Selis Agats - Rp 19,9 juta
  1. Ecgo 2 - Rp 8,5 juta
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)