Avanza-Xenia Generasi Baru Debut Tahun 2021, Berikut yang Diketahui Sejauh Ini

20 September 2021 15:03
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Avanza-Xenia Generasi Baru Debut Tahun 2021, Berikut yang Diketahui Sejauh Ini (209479)
zoom-in-whitePerbesar
Peluncuran perdana Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Foto: dok. istimewa
Aroma kehadiran generasi baru dari duet maut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, makin menyengat. Terutama dari bocoran-bocoran informasi dari berbagai sumber.
ADVERTISEMENT
Sementara pihak pabrikan seperti Toyota dan Daihatsu di Indonesia, tentu masih menutup rapat informasinya.
Nah berikut ini kumparanOTO sajikan beberapa hal yang diketahui soal generasi baru Avanza-Xenia.

Berbasis Daihatsu DN Multisix

Mengutip salah satu media Jepang Bestcarweb, pada 2021 Daihatsu akan menghadirkan pembaruan pada model-model utama mereka, salah satunya MPV.
Avanza-Xenia Generasi Baru Debut Tahun 2021, Berikut yang Diketahui Sejauh Ini (209480)
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Konsep Daihatsu DN Multisix Foto: Jihad Akbar/kumparan
Disebut dalam informasi yang disampaikan, salah satunya yaitu yang berbasis DN Multisix yang dikenalkan Tokyo Motor Show 2017 lalu. Ini bisa jadi merujuk pada Daihatsu Xenia, dan juga Toyota Avanza.

Platform DNGA

Duo low MPV Toyota dan Daihatsu juga disebut punya potensi besar disuntik platform global mereka DNGA. Banyak keuntungan yang didapat lewat metode ini.
Mengutip informasi dari wapcar.my, generasi terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia itu akan dibangun di atas platform DNGA yang sama seperti yang diusung Perodua Alza.
Avanza-Xenia Generasi Baru Debut Tahun 2021, Berikut yang Diketahui Sejauh Ini (209481)
zoom-in-whitePerbesar
Emblem VVT-i. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Pakai Mesin 1.5 Liter Dual VVT-i

Generasi baru ini rumornya hanya akan punya pilihan 1 mesin bensin 1.5 liter dual VVT-i naturally aspirated. Nah ada dua kemungkinan mesin yang dipakai
ADVERTISEMENT
Pertama, 4-silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkode 2NR-VE, seperti di Veloz, Rush dan Daihatsu Terios. Di atas kertas, mesin itu menyajikan tenaga 102,5 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 136 Nm pada 4.200 rpm.
Kedua mesin bensin 4-silinder segaris 16 katup DOHC dengan Dual VVT-i berkode 2NR-FE. Mesin ini sama seperti yang saat ini terbenam pada Toyota Sienta. Untuk tenaga dan torsinya, sedikit lebih besar dari 2NR-VE, yakni 105,5 dk pada 6.000 rpm dan 140 Nm pada 4.200 rpm.
Namun prediksi kumparanOTO, mesinnya masih tetap ada dua pilihan 1.3L dan 1.5L, untuk memperluas diferensiasi antara produk yang dipasarkan Toyota dan Daihatsu.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Avanza-Xenia Generasi Baru Debut Tahun 2021, Berikut yang Diketahui Sejauh Ini (209482)
zoom-in-whitePerbesar
New Toyota Avanza tipe G. Foto: dok. Toyota

Berpenggerak Roda Depan

Platform baru yang digunakan, mengompensasi sistem penggerak yang digunakan. Bila sebelumnya berpenggerak roda belakang menjadi berpenggerak roda depan.
ADVERTISEMENT
Salah satu sumber kumparan tersirat memberikan jawaban soal ini. Sistem penggerak yang berubah, bisa jadi diikuti karena berbagai faktor, salah satunya affordability, teknologi sampai kondisi lingkungan.
Bila seperti itu, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan menyamai para Low MPV lainnya yang juga berpenggerak roda depan, seperti Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, dan Suzuki Ertiga.

Transmisi CVT

Kabar lainnya Avanza-Xenia akan disuntik transmisi CVT. Ini juga akan yang pertama diadopsi pada Avanza-Xenia, serta menyamai sistem transmisi yang digunakan Honda Mobilio.
Avanza-Xenia Generasi Baru Debut Tahun 2021, Berikut yang Diketahui Sejauh Ini (209483)
zoom-in-whitePerbesar
Daihatsu Xenia 1.5L terbaru 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Meski begitu, pilihan transmisi transmisi manual 5 percepatan, juga masih akan tetap dihadirkan.

Dijejali Fitur Keselamatan Baru

Selanjutnya untuk urusan fitur, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi terbaru ini kabarnya juga bakal banyak dijejali fitur-fitur keselamatan baru, seperti airbags 6 titik dan Autonomous Emergency Braking (AEB).
ADVERTISEMENT
Bahkan bukan tidak mungkin, jenama asal Jepang ini juga bakal menjejali fitur keselamatan aktif seperti Adaptive Cruise Control dan Lane Keeping Assist, pada Avanza-Xenia terbaru. Apalagi, Toyota dan Daihatsu juga terbilang sukses dalam menghadirkan varian tertinggi dari Raize dan Rocky yang dijejali fitur keselamatan aktif.

Meluncur Akhir Tahun 2021

Meski berbagai bocoran spesifikasinya telah ramai di media sosial, sayangnya kedua pabrikan itu masih tutup mulut terkait jadwal peluncurannya.
“Saya nggak bisa komentar soal model baru atau soal rumor,” ucap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Berbagai informasi lainnya menyebutkan, kalau Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi terbaru, akan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada akhir tahun 2021 ini.
ADVERTISEMENT
Kita tunggu saja.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020