Baru Berjalan 3 Ribu Kilometer, Toyota Kijang Kapsul Ini Dijual Seharga LCGC

27 Mei 2022 7:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Toyota Kijang Kapsul LSX 1.8 tahun 2002 dengan odometer 3 ribu kilometer. Foto: Garasi Mbah Kung
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Kijang Kapsul LSX 1.8 tahun 2002 dengan odometer 3 ribu kilometer. Foto: Garasi Mbah Kung
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Eksistensi Toyota Kijang di Indonesia sudah sudah tidak perlu diragukan lagi. Selama 45 tahun mengaspal di Tanah Air, setiap generasi Toyota Kijang selalu memberikan kesan tersendiri bagi yang memiliki atau pernah memilikinya.
ADVERTISEMENT
Salah satunya Toyota Kijang Kapsul yang pernah menjadi mobil keluarga favorit bagi masyarakat Indonesia pada era 1990an akhir hingga 2000an awal. Desainnya yang modern saat itu, serta kenyamanan dan ketangguhan yang ditawarkan, jadi beberapa alasan orang melirik mobil ini.
Kendati usia Kijang Kapsul kini sudah tidak muda lagi, bukan berarti tak ada unit Kijang Kapsul yang punya kondisi 'mulus' layaknya mobil baru. Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan Kijang Kapsul, mungkin bisa melirik barang dagangan milik Garasi Mbah Kung satu ini.
Yup, pelapak mobil bekas yang eksis di Instagram ini memiliki salah satu koleksi dagangan, yaitu Toyota Kijang Kapsul LSX produksi 2002. Bukan sekadar Kijang Kapsul biasa, unit yang ditawarkan ini terbilang istimewa karena punya kondisi yang orisinal dan berodometer rendah, yaitu baru berjalan 3.000 kilometer.
ADVERTISEMENT
"Kebetulan saya ketemu langsung dengan owner-nya (pemilik sebelumnya) kemarin, pemilik pertama dari beli baru. Jadi awalnya yang beli bapaknya, tapi sudah meninggal terus dipegang sama anaknya, makanya nggak dipakai," terang Lukman dari Garasi Mbah Kung kepada kumparanOTO, Selasa (24/5).
Bukti orisinalitas dari mobil ini terlihat dari masih tersematnya berbagai stiker atau tanda dari pabrikan, seperti pada kaca mobil, serta beberapa bagian lain yang ada di mobil ini. Tidak hanya itu, bagian interior mobil pun terlihat masih sangat orisinal, karena tidak ada ubahan apa pun yang dilakukan dari kondisi standarnya.
Toyota Kijang Kapsul LSX 1.8 tahun 2002 dengan odometer 3 ribu kilometer. Foto: Garasi Mbah Kung
Bahkan, ban yang menempel saat ini pun masih bawaan dari pabrik. Tak heran jika banyak orang yang tak percaya dengan keaslian itu.
ADVERTISEMENT
“Orang banyak bertanya di ban biasanya, apa mungkin 20 tahun masih layak pakai, namanya mobil kondisi antik, saya coba masih enak,” tutur Lukman.
Selain itu, Lukman juga memastikan jika kelengkapan pada Toyota Kijang Kapsul ini, mulai dari buku manual, BPKB, STNK dan pajaknya masih hidup meski umurnya yang sudah 20 tahun dan jarang digunakan.

Spesifikasi mesin Kijang Kapsul

Toyota Kijang Kapsul LSX 1.8 tahun 2002 dengan odometer 3 ribu kilometer. Foto: Garasi Mbah Kung
Menyoal spesifikasinya, Toyota Kijang Kapsul antik ini menggunakan mesin bensin dengan injeksi berkode 7K-E 4-silinder segaris berkapasitas 1.800 cc. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga 94 dk pada 5.000 rpm dan torsi maksimum 155 Nm pada 3.300 rpm yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Harga setara mobil LCGC baru

Nah, apabila Anda tertarik ingin memiliki Toyota Kijang Kapsul ini entah sebagai nostalgia atau koleksi, Lukman membuka harga Rp 195 jutaan. Tentu saja, ia membuka peluang untuk melakukan penawaran lebih lanjut pada harga Kijang Kapsul antik tersebut.
ADVERTISEMENT
“Terakhir ada yang nawar di angka Rp 170 jutaan, tapi saya enggak buru-buru karena kondisi mobil kaya gini belum ada lagi,” tutup Lukman.