Otomotif
·
10 Februari 2021 9:17

Baru Meluncur, All New Honda PCX 160 Langsung Dirombak ala Premium Luxury

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Baru Meluncur, All New Honda PCX 160 Langsung Dirombak ala Premium Luxury  (5705)
Honda PCX 160 2021 versi modifikasi. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Selain modifikasi bergaya Advance Sporty, Astra Honda Motor (AHM) juga kasih 'contekan' modifikasi Honda PCX 160 bergaya Premium Luxury atau lebih dikenal dengan konsep elegan.
ADVERTISEMENT
Penggarapan masih dipercayakan pada Rully dari rumah modifikasi R Autoworks di bilangan Jakarta. Kepada kumparan, dia mengatakan konsep modifikasi ini terbilang simpel tapi tetap menonjolkan sisi prestisiusnya.
"Ubahan pertama ada di bagian warna bodi, dia pakai ungu satin bisa dibilang karakternya semi dof. Kalau dof, gampang kotor susah untuk dibersihkannya," kata Rully saat dihubungi, Selasa (9/2).
Baru Meluncur, All New Honda PCX 160 Langsung Dirombak ala Premium Luxury  (5706)
Honda PCX 160 2021 versi modifikasi. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Rully bilang, modifikasi ini sengaja dibuat mirip dengan Honda Forza 250. Ciri kemiripan dituangkan lewat penggunaan windscreen depan yang secara visual memang identik dengan kepunyaan Forza.
"Kita mengkustom windscreen depan ala-ala Forza gitu. Bahannya dibuat dari fiber sementara cover handle bar-nya sudah ada dan banyak dijual tapi sedikit kita ubah untuk penyesuaian," lanjut dia.
ADVERTISEMENT
Nah, penggunaan windscreen ini juga memakan waktu cukup lama. Sebab, secara pembuatannya manual dan pengaplikasian ke body depan cukup rumit.
"Jujur saja, motor ini paling lama pengerjaan kustom windshield-nya, sampai H-1 masih sibuk ngurusin itu. Susahnya ada di bagian dudukan karena kita harus fitment rapat, mereka memang minta teliti banget," ungkapnya.
Baru Meluncur, All New Honda PCX 160 Langsung Dirombak ala Premium Luxury  (5707)
Honda PCX 160 2021 versi modifikasi. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Di contoh modifikasi ini, tak banyak sektor yang diubah. Beda dengan model modifikasi bergaya PCX 160 Sporty, di model ini tak menggunakan upside down tapi untuk bagian suspensi belakang sudah mengusung tabung tank dari Ohlins.
"Untuk suspensi belakang kita juga kustom dulu untuk bracket bawahnya supaya tetap presisi. Karena PCX baru ini travel-nya lebih panjang, sedangkan yang sebelumnya lebih pendek," jelas dia.
Baru Meluncur, All New Honda PCX 160 Langsung Dirombak ala Premium Luxury  (5708)
Honda PCX 160 2021 versi modifikasi. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sementara untuk velg masih menggunakan model standar tapi dilabur warna bronze untuk memperkuat identitas mewahnya. Ukuran ban juga turut diperbesar 1 level, untuk yang depan menggunakan 120/70 dan belakang 140/60.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya adalah menutup area setang, di model standar desain setangnya dibuat model naked alias telanjang. Nah, di contoh modifikasi ini ditutup agar terlihat lebih rapi, lantaran tak ada kabel yang terlihat.
Baru Meluncur, All New Honda PCX 160 Langsung Dirombak ala Premium Luxury  (5709)
Honda PCX 160 2021 versi modifikasi. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Selebihnya mengubah desain jok menggunakan bahan MBTech Carrera, penggunaan handle dan kaliper rem dari RCB, dan juga pengaplikasian aksesori original dari Honda. Mulai dari garnish headlight, panel footrest, garnish tangki BBM, garnish knalpot, dan garnish box filter.

Biaya dan lama pengerjaan modifikasi Honda PCX 160

Baru Meluncur, All New Honda PCX 160 Langsung Dirombak ala Premium Luxury  (5710)
Honda PCX 160 2021 versi modifikasi. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Menyoal mahar untuk memodifikasi Honda PCX 160 bergaya Premium Luxury ini, Rully menyebut perkiraan modalnya Rp 9 jutaan. Biaya paling besar ada di pengerjaan repaint dan juga penggunaan suspensi belakang.
"Sebenarnya modifikasi yang ini bisa dibilang enggak lama kira-kira 2 minggu. Karena memang konsepnya sederhana mengarah sport touring saja," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Punya rencana mendongkrak tampilan Honda PCX 160 seperti referensi modifikasi ini?

Detail ubahan:

  • Airbrush Painting Full Body & Wheels
  • Kustom Cover Steering Handle
  • Kustom High Windshield & Integrated Back Mirror
  • Kustom Double Seat
  • CNC Handle Brake RCB
  • FR Caliper RCB
  • Rear Suspension Ohlins
  • FR Tire 120/70 R14 & RR Tire 140/60 R13
  • Hose Brake Aftermarket Smoke Headlight
  • Honda Genuine Aksesori