kumparan
search-gray
Otomotif31 Juli 2020 15:59

Bebas Gerah di Musim Panas, Pasang AC Double Blower Mobil mulai Rp 8 jutaan

Konten Redaksi kumparan
Bebas Gerah di Musim Panas, Pasang AC Double Blower Mobil mulai Rp 8 jutaan (145498)
AC double blower yang sudah terpasang. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Mobil-mobil berkonfigurasi jok tiga baris atau 7-penumpang umumnya lengkap dengan AC double blower. Peranti ini sebagai fitur guna meningkatkan kenyamanan penumpang mobil khususnya baris tengah dan belakang.
ADVERTISEMENT
Tapi beda cerita jika model mobilnya merupakan tipe standar, alias varian rendah. Biasanya pabrikan tidak menyematkan perangkat AC pada baris kedua itu supaya harga jual mobil tetap terjangkau.
Bebas Gerah di Musim Panas, Pasang AC Double Blower Mobil mulai Rp 8 jutaan (145499)
AC double blower aftermarket yang terpasang di mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Hanya saja bagi Anda yang terlanjur memiliki mobil dengan kelengkapan terbatas tadi, ternyata bisa melengkapinya dengan pasang AC double blower aftermarket. Salah satu bengkel spesialis AC yang dapat menanganinya adalah Rotary Bintaro.
“Sebenarnya enggak semua mobil bisa, paling enggak yang kayak minibus, MPV atau SUV gitu yang panjang dimensinya karena tinggal pasang blower-nya aja, coak plafon bagian tengah tempat blower AC-nya,” ungkap Husein, Kepala Mekanik Rotary Bintaro AC cabang Serpong, Tangerang saat disambangi kumparan belum lama ini.
Bebas Gerah di Musim Panas, Pasang AC Double Blower Mobil mulai Rp 8 jutaan (145500)
AC double blower aftermarket yang terpasang di mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tambahnya pengerjaan secara umum memakan waktu maksimal empat hari. Prosesnya mulai dari pelepasan plafon dan pelapis pada bagian pilar sehingga tinggal tampak rangkanya saja.
ADVERTISEMENT
Kemudian langkah pengecekan kondisi AC lalu penyambungan pipa saluran udara, kabel dan penyematan kisi-kisi maupun pengaturan AC pada plafon mobil. Jika sudah, dilanjutkan vacuum untuk menyedot udara maupun sisa uap air pada saluran AC, baru dilengkapi dengan pengisian freon.
Bebas Gerah di Musim Panas, Pasang AC Double Blower Mobil mulai Rp 8 jutaan (145501)
Proses flushing AC mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Ini dilakukan supaya nantinya freon maupun oli kompresor tidak tercampur dengan air. Sebab bila dibiarkan membuat proses pendinginan tidak maksimal, karena ketika kandungan tadi bercampur akan timbul endapan yang merusak komponen AC.
“Pengerjaannya bisa empat hari kalau full kerjain ini, cuma kan ramai ada lagi yang datang jadinya estimasi paling cepat tiga hari,” sambung Husein.
Bebas Gerah di Musim Panas, Pasang AC Double Blower Mobil mulai Rp 8 jutaan (145502)
AC double blower aftermarket yang terpasang di mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Ongkos pasang AC double blower mobil

Soal harga, komponen blower AC mobil dilego mulai dari Rp 6 jutaan belum termasuk ongkos pasang. Harga barangnya bisa lebih tinggi lagi menyesuaikan blower bawaan mobil. Estimasinya keseluruhan harga dan jasa untuk mobil MPV seperti Toyota Avanza, Suzuki APV, Suzuki Ertiga, maupun Honda Mobilio sekitar Rp 8 sampai 9 jutaan.
Bebas Gerah di Musim Panas, Pasang AC Double Blower Mobil mulai Rp 8 jutaan (145503)
Proses pemasangan AC double blower dengan memasang plafon bawaan mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Bebas Gerah di Musim Panas, Pasang AC Double Blower Mobil mulai Rp 8 jutaan (145504)
Proses pemasangan AC double blower dengan memasang plafon bawaan mobil. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
“Kalau kayak Innova itu Rp 7 juta harga blower-nya aja. Karena kan dia enggak terpasang di tengah, modelnya di tiap baris ada kisi-kisi AC-nya, makanya plafonnya ada coakan yang lebih banyak,” pungkas Husein.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona