Otomotif
·
10 September 2021 20:28
·
waktu baca 3 menit

Bedah Fitur Aprilia RS 660 yang Dilego Rp 650 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bedah Fitur Aprilia RS 660 yang Dilego Rp 650 Juta (112446)
searchPerbesar
Tampak depan dari Aprilia RS 660 Foto: dok. Piaggio Indonesia
PT Piaggio Indonesia resmi merilis Aprilia RS 660 ke Indonesia pada Rabu (8/9/2021). Motor gede satu ini hadir untuk meramaikan lini produk Aprilia.
ADVERTISEMENT
Menyasar segmen motor premium, Aprilia RS 660 dibanderol Rp 650 juta OTR Jakarta. Ya, tentunya harga itu sebanding dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Aprilia sendiri. RS 660 ini ditawarkan dalam 2 warna, yakni Lava Red dan Acid Gold.
Pada acara Virtual Media Sharing Session: Aprilia dan Moto Guzzi, Piaggio Indonesia mengajak untuk mengenal lebih dalam motor premium Aprilia ini. Lalu, apa saja fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh Aprilia? Berikut kumparan sajikan lengkapnya.

Fitur Kenyamanan

Aprilia RS 660 hadir dengan fairing ganda, lampu depannya sudah LED dan ditemani dengan DRL. Kemudian lampu seinnya juga sudah terintegrasi dengan auto shut off, sehingga pengemudi tidak perlu khawatir lagi.
Tidak hanya itu, lampu depannya juga disematkan Twilight Sensor. Fitur ini membuat lampu depan menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Seperti ketika berkendara dari sore menuju malam hari, lampu depan otomatis akan menyala.
ADVERTISEMENT
Pada bagian setang, RS 660 dibuat lebih tinggi sehingga memberikan kenyamanan untuk digunakan sehari-hari. Berlanjut ke jok, Aprilia sudah mengaplikasikan Ergonomic Seat Design, ini memberikan posisi pengendara nyaman dalam segala posisi.
Bedah Fitur Aprilia RS 660 yang Dilego Rp 650 Juta (112447)
searchPerbesar
Aprilia RS 660 yang resmi mengaspal di Indonesia Foto: dok. Piaggio Indonesia
Pengendara juga tak perlu khawatir kepanasaan, knalpot RS 660 sudah dirancang di bagian bawah sehingga memberikan kenyamanan berkendara.

Fitur Keselamatan

Fitur satu ini diklaim tidak bisa ditandingi oleh kompetitor Aprilia, yakni panel instrumen yang baru. Spesialnya panel instrumen ini memiliki pilihan 5 Riding Mode yang disebut Road dan Race kemudian dipecah, Road terdiri dari Commute, Dynamic, Individual, serta Race terdiri Challenge dan Time Attack.
Pengendara dapat mengatur sendiri bagaimana kenyamanan berkendara untuk mode Road pada bagian Individual. Sedangkan untuk Race, pengendara dapat mengaturnya di bagian Time Attack.
Bedah Fitur Aprilia RS 660 yang Dilego Rp 650 Juta (112448)
searchPerbesar
Aprilia RS 660 yang resmi mengaspal di Indonesia Foto: dok. Piaggio Indonesia
Pada pengaturan tersebut, pengendara dapat merubah pengaturan yang terdapat dalam APRC Suite yang terdapat beragam fitur-fitur keselamatan teranyar. Berikut lengkapnya.
ADVERTISEMENT
  • Traction Control
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Wheelie Control
  • Aprilia Engine Brake
  • Aprilia Engine Map
  • ABS Cornering
  • Quick Shift

Mesin Canggih

Aprilia mengusung empat aspek pada saat mesin yang digendong oleh RS 660 dibuat, yakni kompak, ringan, minim getaran, dan performa yang maksimum. Sehingga lahirlah mesin 659 cc DOHC, 2-silinder segaris, 4-tak yang dilengkapi dengan pendingin cairan, pendingin oli dan mengusung sistem injeksi ride-by-wire buatan Magneti Marelli.
Bedah Fitur Aprilia RS 660 yang Dilego Rp 650 Juta (112449)
searchPerbesar
Detail dari Aprilia RS 660 Foto: dok. Piaggio Indonesia
Kemudian, tenaga itu disalurkan melalui transmisi 6-percepatan yang mengusung fitur Aprilia Quick Shift (AQS) sehingga memudahkan pengendara dalam berpindah gigi.
Dibuat lebih modern, RS 660 ini bisa dibilang low maintenance, perawatannya hanya dilakukan setiap 10.000 kilometer. Kecuali pengendara tinggal di medan yang cukup kasar, sehingga itu memerlukan pemeriksaan lebih awal.
ADVERTISEMENT