kumparan
search-gray
Otomotif5 Februari 2020 14:58

Bedah Fitur Sedan Termurah BMW Seri 3 320i

Konten Redaksi kumparan
otomotif, BMW, BMW, All New BMW 320i Sport.
All New BMW 320i Sport. Foto: Istimewa
Melengkapi jajaran Seri 3 G20, BMW Group Indonesia pada Oktober 2019 lalu meluncurkan satu pilihan varian 320i Sport. Hadir sebagai varian termurah dari Seri 3 G20, BMW 320i Sport dibanderol Rp 849 juta off the road.
ADVERTISEMENT
Lebih murah Rp 130 juta dari varian 330i M Sport, yang meluncur di GIIAS 2019 dengan harga Rp 979 juta off the road.
Meski begitu, soal spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh varian 320i tak bisa dibilang murahan. BMW membekali mobil ini dengan mesin bensin 4-silinder TwinPower Turbo berkapasitas 2.0 liter, yang mampu menghasilkan tenaga 184 dk dan torsi 300 Nm.
Iya, tenaga dan torsi tersebut lebih kecil 74 dk dan 100 Nm, bila dibandingkan dengan Seri 3 330i M Sport. Namun, dengan bobot yang lebih ringan 55 kilogram, membuat akselerasi dari mobil ini terbilang cukup galak. Untuk mencapai 100 km/jam dari posisi diam, Seri 3 320i hanya membutuhkan waktu 7,1 detik.
ADVERTISEMENT
Menyoal fitur-fiturnya, BMW Seri 3 320i juga tidak kalah canggih dengan varian 330i M Sport-nya. Baik itu fitur bantuan mengemudi semi otonomos, fitur hiburan, dan fitur keselamatan.
Fitur Bantuan Mengemudi Semi Otonomos
otomotif, BMW, BMW, All New BMW 320i Sport.
All New BMW 320i Sport. Foto: Istimewa
Satu fitur yang menarik dari Seri 3 320i ini tentu adalah fitur semi otonomos Reversing Assistant. Fitur ini akan memudahkan pengemudi saat berada di situasi yang mengharuskan mobil untuk mundur, seperti di jalanan buntu.
Fitur ini akan bekerja menggerakkan mobil untuk mundur secara otomatis ke posisi semula dengan jarak sejauh 50 meter. Pengemudi hanya cukup memindahkan tuas transmisi ke posisi R, mengaktifkan fitur Reversing Assistant yang ada di layar head unit, dan selanjutnya cukup menjaga kecepatan mobil agar tidak lebih dari 5 km/jam.
ADVERTISEMENT
Lalu, ada juga fitur bantuan parkir otomatis, yaitu Park Assist. Fitur ini akan bertugas untuk mengambil alih kemudi, akselerasi, pengereman, serta perubahan gigi transmisi saat hendak masuk atau keluar dari area parkir, baik itu paralel atau lateral.
Penggunaan fitur Park Assist, juga akan ditunjang dengan fitur Park Distance Control dan Rear Parking Camera yang akan memudahkan pengemudi saat melakukan manuver dan memasuki atau keluar dari tempat parkir.
Fitur Hiburan
Otohitz BMW Seri 3 G20
Layout tampilan area pengemudi. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sementara untuk fitur hiburan, Seri 3 320i dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 10,2 inci yang sudah terintegrasi dengan konektivitas smartphone dan BMW Navigation System.
Fitur Keselamatan
BMW Seri 3 model 2019
BMW Seri 3 model 2019 Foto: dok. Motor1
Untuk fitur keselamatannya juga terbilang cukup lengkap, berikut fitur keselamatan lengkap yang terdapat di BMW Seri 3 320i.
ADVERTISEMENT
- Airbags
- Side Impact Protection
- Dynamic Stability Control (DSC)
- Cornering Brake Control (CBC)
- Automatic Stability Control (ASC)
- Dynamic Brake Control (DBC)
- Electronic Differential Lock Control (EDLC)
- Dynamic Traction Control (DTC)
- ISOFIX
- Sabuk keselamatan 3 titik dengan tensioner dan force limiter
Dengan beberapa fitur yang ditawarkan serta harga yang lebih murah dari varian BMW 330i M Sport, membuat varian 320i ini sangat layak untuk Anda pilih. Jadi bagaimana, tertarik untuk meminang?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white