Otomotif
·
23 Juli 2021 15:41
·
waktu baca 1 menit

Begini Langkah Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Begini Langkah Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah (120471)
searchPerbesar
Ilustrasi ganti oli mobil. Foto: dok. EMLI
Menjaga performa mesin mobil bisa dilakukan dengan rutin mengganti oli. Namun, bagi Anda yang justru ingin memanfaatkan momen di rumah aja selama masa PPKM level 3-4, untuk mencoba melakukan penggantian oli secara mandiri itu sangat mungkin dilakukan.
ADVERTISEMENT
Hanya saja, ini tidak direkomendasikan bagi mobil yang masih masuk dalam masa garansi servis. Sebab, itu akan berakibat pada hangusnya garansi tersebut.
7 Langkah Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah
Nah, bagi Anda yang ingin mencoba melakukan penggantian oli mesin mobil di rumah, berikut adalah langkah-langkahnya.
1. Siapkan oli dan peralatan yang diperlukan
Sebelum memulai pergantian oli, hal pertama yang perlu dilakukan, yakni persiapkan dahulu beberapa peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mobil, filter oli, wadah pembuangan oli bekas, kain lap, kunci-kunci, dan dongkrak.
2. Tunggu Suhu Mesin Hangat
Selanjutnya pastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan hangat atau dingin. Ini penting guna menghindari tangan terkena material panas pada mesin saat melakukan penggantian oli. “Kondisi mesin harus hangat atau minimal agak dingin. Karena kalau mesin masih sangat panas, berbahaya,” ucap Hadi Taruna, pemilik bengkel Engine Block Autoworks di kawasan Bintaro.
3. Dongkrak Mobil
Guna memudahkan saat membuka lubang pembuangan oli yang berada di bagian bawah mesin, disarankan untuk mendongkrak bagian depan mobil. Ini diutamakan bagi mobil yang punya ground clearance rendah. Pastikan juga saat meletakkan tumpuan dongkrak sudah dalam kondisi yang benar. “Biar mudah, terutama mobil-mobil pendek ya kaya sedan. Jadi ngolongnya bisa leluasa,” sambung pria yang akrab disapa Hatar itu.
4. Letakkan Wadah Pembuangan Oli
Setelah mobil didongkrak dan dipastikan dalam kondisi aman, letakkan wadah pembuangan oli tepat di bawah lubang pembuangan oli atau yang biasa dikenal karter oli. "Wadahnya bisa pakai baskom besar atau bekas botol oli besar yang dipotong sisi depannya. Jangan lupa juga taruh alas koran di bawah wadah tadi,” beber Hatar.
5. Buang Oli Lama
Langkah selanjutnya, buka tutup pembuangan oli yang berada di bagian kolong mesin. Saat membukanya, bisa menggunakan pembuka baut atau kunci pas. “Oli yang lama harus dibuang sampai benar-benar habis ya,” kata Hatar.
6. Buka Filter Oli
Setelah mengeluarkan oli mesin lama, Anda bisa melanjutkannya dengan membuka filter oli. Ini dikhususkan bagi yang ingin melakukan penggantian filter oli. Dalam membukanya, Anda harus menggunakan kunci khusus yang diperuntukkan untuk membuka filter oli. Adapun letak filter oli, umumnya berada di bagian bawah dekat lubang pembuangan oli mesin. “Itu dia harus pakai kunci khusus, karena kalau pakai tangan susah nggak bisa dan khawatir nanti pas masangnya lagi nggak benar-benar kencang,” tutur Hatar. Setelah melepas filter oli lama dan menggantinya dengan yang baru, pastikan filter oli baru sudah terpasang dengan benar. Jangan lupa juga untuk menutup kembali baut penutup lubang pembuangan oli.
7. Tuang Oli Mesin Baru
Setelah lubang pembuangan oli tertutup dan filter oli terpasang dengan sempurna, selanjutnya Anda bisa mulai menuang oli mesin baru melalui lubang pengisian yang terletak di bagian atas mobil. Pastikan saat melakukan pengisian, takaran oli yang dituang telah sesuai dengan kebutuhan mesin. Untuk hal ini, Anda bisa melihatnya di buku panduan atau mencari referensi di internet. “Makanya penting pas sebelum mengisi, pastikan dahulu mobil itu butuhnya berapa liter. Nanti pas selesai mengisi, cek lagi apakah literan olinya sudah sesuai atau belum. Caranya bisa dicek melalui dipstick oli,” ujar Hatar. Apabila oli mesin baru sudah tertuang, tutup kembali lubang pengisian hingga sempurna. Terakhir, Anda bisa menyalakan mesin mobil dan sebaiknya diamkan dahulu beberapa saat sebelum menjalankan mobil tersebut.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020