kumparan
19 Februari 2019 18:32

Bekal All New Nissan Serena untuk Melawan Toyota Voxy

Peluncuran all new Nissan Serena dan all new Nissan Livina. Foto: Ghulam M. Nayazri/kumparanOTO
Menemani debut global all new Nissan Livina, Nissan Motor Indonesia (NMI) juga mengenalkan all new Nissan Serena yang telah mengaspal sebelumnya di Malaysia.
ADVERTISEMENT
Nissan Serena terbaru yang punya kode C27 ini secara keseluruhan punya tampilan yang berbeda dari pendahulunya. Bukan cuma itu saja, sejalan dengan visi pabrikan dalam M.O.V.E to 2022, all new Nissan Livina juga dibekali dengan sejumlah fitur dalam balutan Nissan Intelligent Mobility.
“Saat ini kami memasuki sejarah baru di Indonesia dengan membawa langsung all new Serena. Ini salah satu mobil keluarga yang punya tempat di hati Indonesia sejak tahun 1996, Serena menjadi MPV yang memperkaya hidup Anda,” ujar Regional Senior Vice President Nissan Asia & Oceania, Yutaka Sanada saat memperkenalkan all new Nissan Serena di Jakarta, Selasa (19/2).
Spesifikasi dan dimensi
Peluncuran all new Nissan Serena, Selasa (19/2) di Djakarta Theatre. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Kalau dari depan model lampunya kini mengusung model dual layer. Untuk tipe rendah masih halogen biasa sedangkan tertingginya sudah LED.
ADVERTISEMENT
Desain grille pun ikutan berubah, dari sebelumnya banyak palang horizontal, kini hanya tiga bilah horizontal yang membingkai grille V-Motion khas Nissan.
Peluncuran all new Nissan Serena, Selasa (19/2) di Djakarta Theatre. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Dari dimensinya, all new Serena punya panjang 4.690 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.865 mm. Namun untuk varian tertingginya sedikit membesar dengan panjang 4.770 mm, dan lebar 1.740 mm. Ini karena penggunaan body kit bawaan yang membuatnya lebih berisi.
Sementara dari kaki-kaki, bagian depannya mengusung suspensi Independent McPherson Strut dengan stabilizer, sedangkan belakangnya Torsion Beam. Semua suspensinya itu disematkan velg berukuran 16 inci yang diselimuti ban dengan profil 195 per 60 ditambah rem yang sudah cakram depan belakangnya.
Fitur
Layout dashboard all new Nissan Serena Foto: Ghulam M. Nayazri/kumparanOTO
Seperti di awal, all new Nissan Serena punya sejumlah fitur yang tidak dimiliki kompetitor. Seperti Intelligent Sliding Door, yang memungkinkan pembukaan pintu sliding sampingnya tanpa harus menekan tombol atau menarik tuas, jadi tinggal menggoyangkan kaki ke bawah pintu, maka pintu bisa terbuka secara otomatis.
ADVERTISEMENT
Ada juga pintu bagasi yang dapat dibuka secara terpisah. Maksudnya, bisa dibuka jendelanya saja ataupun pintu bagasi secara keseluruhan.
All new Nissan Serena: Pintu bagasi yang bisa terbuka secara terpisah Foto: Ghulam M. Nayazri/kumparanOTO
Sementara menyoal fitur keselamatan dan keamanan, sudah ada rem ABS, EBD, BA, serta airbag yang tersebar untuk pengemudi dan penumpang depan, samping, serta pada pilar hingga baris belakang.
Bukan cuma itu saja, hadir pula kontrol stabilitas dengan julukan Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), Intelligent Around View Monitor, parkir sensor depan dan belakang, kamera parkir, sampai kunci immobilizer dengan tambahan Intelligent Key.
All new Nissan Serena: Layar entertainment buat penumpang baris kedua dan belakang Foto: Ghulam M. Nayazri/kumparanOTO
Sedangkan fitur lainnya yang ada di interior, ada head unit layar sentuh 7 inci pada dashboard, dan layar 11 inci yang disematkan pada plafon buat kebutuhan hiburan penumpang kedua dan belakang.
ADVERTISEMENT
Biar menambah kenyamanan, sudah ada kursi model captain seat yang punya pengaturan sliding, reclining, sementara untuk kursi pengemudi ada pengaturan ketinggian.
Model jok depan all new Nissan Serena Foto: Ghulam M. Nayazri/kumparanOTO
Mesin
Bicara performa, pabrikan masih mengandalkan dapur pacu yang lama. Artinya all new Nissan Serena masih menggendong mesin MR20 yang punya kubikasi 1.997 cc dan menjanjikan tenaga hingga 147 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 199 Nm pada 4.400 rpm yang hanya dikawinkan pada transmisi otomatis CVT.
Harga
Harga all new Nissan Serena Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Adapun NMI menawarkan all new Nissan Serena dalam dua varian: Highway Star dan X yang masing-masing diniagakan dengan harga Rp 465 juta dan Rp 448 juta dengan status on the road (OTR) Jakarta.
Sanada pun menambahkan modelnya ini sudah dapat dipesan di diler Nissan terdekat dan estimasi pengantaran unitnya akan dilakukan pada bulan depan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan