Otomotif
·
26 Maret 2021 17:25

Bekas Tabrakan, Mobil Ford Ini Malah Jadi Rebutan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bekas Tabrakan, Mobil Ford Ini Malah Jadi Rebutan (82066)
Mobil bekas Ford Bronco dalam keadaan ringsek dilelang. dok. Copart
Mobil bekas tabrakan biasanya punya nilai jual rendah. Apalagi jika kondisinya masih ringsek, makin sedikit orang yang bakal meliriknya.
ADVERTISEMENT
Namun hal berbeda terjadi di Chicago, Amerika Serikat, di mana mobil bekas tabrakan dalam keadaan ringsek menjadi rebutan banyak orang. Bahkan sampai harus dilelang, guna menjaring orang yang berani membelinya dengan harga tinggi.
Bekas Tabrakan, Mobil Ford Ini Malah Jadi Rebutan (82067)
Mobil bekas Ford Bronco dalam keadaan ringsek dilelang. dok. Copart
Usut punya usut roda empat bekas yang banyak diincar itu adalah mobil keluaran terbaru, Ford Bronco lansiran 2021. Bronco adalah SUV legendaris milik Ford, yang disuntik mati pada 1996. Model terbarunya terlahir kembali dalam desain yang lebih modern.
Usai diluncurkan pada Juli 2020 lalu, banyak yang tertarik meminangnya. Bahkan pabrikan belum merilis harganya, namun dalam hitungan 3 jam, 3.500 unit pertama yang disiapkan langsung ludes dipesan.
Ford Bronco ibarat sudah memiliki ruang di hati masyarakat paman sam. Makanya model terakhir yang disuntik mati juga kerap jadi mobil buruan kolektor atau builder yang ingin merestorasinya.
Bekas Tabrakan, Mobil Ford Ini Malah Jadi Rebutan (82068)
Ford Bronco 4-pintu. Foto: dok. Carbuzz
Oke, balik lagi ke Bronco bekas tabrakan tadi. Mengutip laporan Carscoops dan Copart, ada beberapa Bronco dalam keadaan ringsek yang dilelang. Salah satunya yang memiliki penyok bagian belakang.
ADVERTISEMENT
Khusus unit yang satu ini banyak peminatnya. Copart sebagai balai lelang sudah mencatat penawaran tertinggi, terakhir seseorang melakukan penawaran di harga Rp 175 juta, sementara harga mobil dalam keadaan baru sekitar Rp 484,6 jutaan.
Bekas Tabrakan, Mobil Ford Ini Malah Jadi Rebutan (82069)
Mobil bekas Ford Bronco dalam keadaan ringsek dilelang. dok. Copart
Selain karena odometernya baru 1.530 km, juga sebagian bodinya masih mulus. Utamanya bagian depan dan bonnet masih dalam kondisi 'sehat'.
Ini tentunya menggambarkan keadaan mesin 1.500 cc 3-silinder dengan turbocharged-nya itu itu masih layak digunakan. Sehingga memungkinkan orang yang berhasil membelinya, bisa mendapatkan suku cadang copotan asli dengan harga murah.
Bekas Tabrakan, Mobil Ford Ini Malah Jadi Rebutan (82070)
Mobil bekas Ford Bronco dalam keadaan ringsek dilelang. dok. Copart
Tapi paling banyak adalah kondisi Bronco yang rusak bagian bumper depannya sehingga harus dicopot, panel kap mesin, dan pintunya penyok sedikit. Selebihnya interior hingga sisi buritan masih dalam tampak baru seperti habis dari diler. Namun belum dibuka untuk dilelang.
ADVERTISEMENT
Paling parah ada satu unit terlibat kecelakaan. Padahal mobil baru berjalan sekitar 415 km! Bayangkan, pasti banyak komponen yang masih dipakai.
Bekas Tabrakan, Mobil Ford Ini Malah Jadi Rebutan (82071)
Mobil bekas Ford Bronco dalam keadaan ringsek dilelang. dok. Copart
Sayangnya hampir semua panel ringsek, sisi interior juga terbakar habis menyisakan rangka joknya. Tapi beberapa masih bisa dimanfaatkan, seperti velg belakang, mika lampu, dan beberapa part mesin dalam kondisi baik.