Otomotif
·
13 Juni 2021 12:48
·
waktu baca 2 menit

Belum Meluncur Toyota Land Cruiser 300 Sudah Bisa Dipesan, Siapkan Rp 100 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Belum Meluncur Toyota Land Cruiser 300 Sudah Bisa Dipesan, Siapkan Rp 100 Juta (698284)
searchPerbesar
Toyota Land Cruiser 300 yang kini ada varian GR Sport. Foto: dok. Toyota
Toyota Land Cruiser generasi paling anyar baru saja melakoni debut global. SUV andalan para penjelajah di Timur Tengah itu membawa sejumlah ubahan, dari rancang bangun, fitur, bentuk, dan mesin yang lebih irit BBM berdasarkan klaim Toyota.
ADVERTISEMENT
Tapi ada yang lebih menarik selain peluncurannya itu. Bagi Anda pecinta SUV legendaris tersebut ternyata sudah bisa memesannya sekarang. Padahal belum diketahui kapan akan dirilis di Indonesia.
"Yes bener banget, sudah bisa open order siapkan booking fee Rp 100 juta," terang salah satu wiraniaga Toyota di Tangerang kepada kumparan belum lama ini.
Soal estimasi harga belum ada keterangan resmi dari Toyota katanya. Tapi bakal jadi kado akhir 2021 atau awal tahun apabila Anda mengamankan daftar inden sekarang.
"Karena distribusinya di Indonesia sekitar akhir tahun sampai awal tahun depan. Soal launching-nya di sini belum ada info lagi," lanjutnya.
Belum Meluncur Toyota Land Cruiser 300 Sudah Bisa Dipesan, Siapkan Rp 100 Juta (698285)
searchPerbesar
Toyota Land Cruiser 300. Foto: dok. Toyota
Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi perihal peluncuran Land Cruiser 300 belum bersedia komentar. "Untuk mobil baru saya belum bisa komentar dulu," katanya.
ADVERTISEMENT
Saat ini Toyota Indonesia melalui laman resminya masih menyediakan Land Cruiser J200. Seharga Rp 2,219 miliar untuk tipe reguler dan Rp 2,557 miliar untuk full spek. Mesinnya masih pakai 4.500 cc V8, 230 dk dan torsi 615 Nm.
Adapun Land Cruiser 300 yang baru meluncur itu merupakan penantian panjang selama 14 tahun, sejak generasi sebelumnya, Land Cruiser 200 lahir pada 2007 lalu. Si desainer mengadopsi sasis Land Cruiser 80.
Belum Meluncur Toyota Land Cruiser 300 Sudah Bisa Dipesan, Siapkan Rp 100 Juta (698286)
searchPerbesar
Toyota Land Cruiser 300 yang kini ada varian GR Sport. Foto: dok. Toyota

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300

Secara rancang bangun pakai platform Toyota New Generation Architecture (TNGA-F). Sasisnya tetap ladder frame, namun dengan penyesuaian center of gravity, beserta transformasi susunan suspensinya agar lebih rigid dalam melibas berbagai medan jalan.
Oleh karena itu, untuk pertama kalinya Toyota membenamkan fitur Electronic Kinetic Dynamic Suspension System. Fungsinya agar menjaga traksi ban ke permukaan jalan, sehingga membuatnya lebih dinamis.
ADVERTISEMENT
Kemudian ada yang namanya Multi-Terrain Monitor, yang menginformasikan keadaan jalan yang akan dilewati. Sistem tersebut dihubungkan dengan Multi-Terrain Select System yang secara otomatis memilah mode berkendara yang cocok untuk melibasnya.
Bicara fitur keselamatannya, pabrikan juga menyematkan generasi kedua Toyota Safety Sense. Salah satunya berupa Pre-Collision System yang lebih sensitif baik pagi atau malam hari mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda, juga lebih mampu memprediksi tabrakan di persimpangan jalan.
Belum Meluncur Toyota Land Cruiser 300 Sudah Bisa Dipesan, Siapkan Rp 100 Juta (698287)
searchPerbesar
Interior Toyota Land Cruiser 300. Foto: dok. Toyota
Dapur pacunya terbagi atas 2 pilihan: bensin 3.500 cc dan Diesel 3.300 cc. Keduanya berkonfigurasi V6 dan dikawinkan dengan twin turbocharger. Tak ada lagi mesin V8 naturally aspirated, agar kualitas emisi dan efisiensi bahan bakarnya lebih baik.
Mesin pertama sanggup memproduksi tenaga hingga 415 dk dan torsi 650 Nm. Sementara kedua, menjanjikan tenaga 309 dk dan torsi maksimal 700 Nm. Profil keluaran dayanya itu didistribusi melalui transmisi otomatis 10-percepatan.
ADVERTISEMENT