Otomotif
·
11 Oktober 2020 10:45

Berburu Yamaha XMAX dan Honda Forza Bekas, Pilih Mana?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berburu Yamaha XMAX dan Honda Forza Bekas, Pilih Mana? (533501)
Yamaha XMAX dan Honda Forza. Foto: kumparan
Berburu skutik gambot 250 cc di pasar motor bekas bisa jadi alternatif. Ya pilihan yang cukup populer memang cuma ada dua model, Yamaha XMAX dan Honda Forza.
ADVERTISEMENT
Penjualan Yamaha XMAX bekas yang laris manis ternyata tak diikuti kompetitornya. Honda Forza seken disebutkan pedagang motor bekas kurang dilirik konsumen.
Berburu Yamaha XMAX dan Honda Forza Bekas, Pilih Mana? (533502)
Pemenang kelas Master Yamaha XMAX Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Terkait banderolnya, Erwin pedagang motor bekas premium dari The Scooter Maniax di PIK, Jakarta Utara, mengungkapkan untuk XMAX di kisaran angka Rp 50 juta.
Ada selisih sekitar Rp 11 jutaan dibanding barunya, yang dipatok Yamaha Indonesia dengan harga Rp 61.4750.000.
Berburu Yamaha XMAX dan Honda Forza Bekas, Pilih Mana? (533503)
Honda Forza 250 Foto: AHM
Sedangkan Honda Forza bekas dijual dengan harga lebih mahal sekitar Rp 70 juta, di mana mahar barunya OTR Jakarta sebesar Rp 83.810.000.
Erwin mengungkapkan, karena harga yang lebih murah XMAX cukup banyak peminatnya, dibanding dengan Forza. Selain itu keduanya juga memiliki karakter konsumen berbeda.
"Jika saya amati keduanya punya karakter konsumen yang berbeda. Di saya, pembeli Forza dia buat mengakali ganjil genap mobil. Sementara pembeli XMAX buat pemakaian harian dan rata-rata konsumennya upgrade dari motor 150 cc," paparnya.
ADVERTISEMENT

Unit Honda Forza 'langka' di pasar motor bekas

Berburu Yamaha XMAX dan Honda Forza Bekas, Pilih Mana? (533504)
Motor Forza di GIIAS 2018, ICE, BSD, Tangerang, Jumat (4/8). Foto: Alfons Hartanto/kumparan
Menurutnya ada dua kemungkinan mengapa unit stock bekas Honda Forza jarang ditemui di pasar motor bekas. Pertama, orang yang sudah punya Forza tak mau menjual karena merasa sayang karena harus inden terlebih dahulu. Kemudian yang kedua, di pasar lelang pun keberadaannya jarang ditemui.
"Belakangan ini saya lagi jarang dapat Honda Forza. Ya, meski memang sama-sama 250 cc menurut saya berbeda konsumennya," ungkap dia.
Berburu Yamaha XMAX dan Honda Forza Bekas, Pilih Mana? (533505)
Yamaha XMAX Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Secara penjualan Yamaha XMAX diakui Erwin lebih cepat laku ketimbang Honda Forza. Konsumen lebih tertarik ke XMAX lantaran harga onderdil yang cukup ramah kantong.
"Terkait suku cadangnya juga sepertinya murah XMAX, ya. Pada part bodi khususnya bagian belakang itu tidak sampai Rp 200 ribu. Kalau Forza jauh sekali deh harganya," ujarnya.
ADVERTISEMENT