kumparan
12 Juni 2018 11:33

Berkat Mazda, Fiat 600 Tua Berubah Jadi Buas

Video
Engine swap atau menukar mesin asli pabrikan dengan mesin kendaraan yang lain untuk menunjang performa kendaraan, bukanlah menjadi hal yang baru terjadi di jagat otomotif. Banyak dari modifikator yang memilih cara ini sebagai jalan keluar agar kendaraanya bisa dipacu sesuai dengan yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Hal seperti demikian juga dilakoni oleh seorang pemilik Fiat 600 lansiran tahun 1959 yang berbasis di Amerika Serikat. Sang empunya merombak habis bagian jantung mekanis dari mobil yang dijuluki 'The Angry Mosquito' ini dengan mesin wankel atau rotari yang terkenal ada di balik kap mobil sport Mazda seperti RX-7 dan juga RX-8.
Mengutip Carscoops, Selasa (12/6), melihat dari video yang diunggah, tidak ada sedikitpun perbedaan yang terlihat dari Fiat berkelir merah itu. Tapi begitu modifikator mencoba untuk menyalakan mobil, suara mesinnya benar-benar berbeda dan langsung menghilangkan kesan mobil klasik khas Fiat 600. Mobil keluaran pabrikan otomotif asal Italia ini punya suara yang menyerupai mobil-mobil balap dan dapat dipacu dengan kecepatan tinggi.
ADVERTISEMENT
Fiat 600 X mesin rotari Mazda (Foto: dok. MotoExotica)
Suara deburan mesin itu dihasilkan lewat mesin rotari 12V yang memiliki fitur 2 karburator Weber 40mm. Modifikator juga mengganti komponen transmisi asli Fiat dengan transmisi manual 4-percepatan milik Volkswagen. Bukan tanpa sebab, hal tersebut sengaja dirancang oleh sang modifikator untuk mengimbangi mesin yang terbenam untuk bisa unjuk gigi seperti mobil-mobil sport mid-engine.
Melihat data yang ditunjukkan, setelah dimodifikasi Fiat bermesin rotari ini memiliki bobot sekitar 598 kilogram. Berkat mesin yang terbenam, versi modifikasi dari Fiat ini menjanjikan semburan tenaga hingga 220 daya kuda (dk). Dengan tenaga yang dijanjikan tersebut, secara tidak langsung 'Fiat 600' ini sudah bisa disandingkan dengan Chevrolet Camaro ZL1 atau Dodge Challenger SRT Hellcat.
Kabarnya, mobil ini akan menajdi bagian dari acara pelelangan Barrett-Jackson yang akan dihelat pada tanggal 21-23 Juni 2018 mendatang untuk mencari tuan yang baru. Sebagaimana diketahui, beberapa tahun lalu, mobil ini sudah pernah mengikuti acara serupa dan laku dengan harga sekitar 35 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 480 juta.
Fiat 600 X mesin rotari Mazda (Foto: dok. MotoExotica)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan