kumparan
28 Januari 2019 12:13

Bikin Ceper Mitsubishi Xpander dengan Suspensi Udara

Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper
Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper: Melihat lebih dekat setinggi apa cepernya (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Mitsubishi Xpander yang punya ground clearance tinggi ternyata bisa juga disulap jadi lebih ceper. Kuncinya satu, yakni ganti suspensinya menggunakan model suspensi udara, sehingga bisa dimainkan gerak bebas suspensinya, mau tinggi atau rendah.
ADVERTISEMENT
Seperti yang dilakukan Rio Pandu, salah satu anggota Xpander Mitsubishi Owner Community (XMOC) chapter Jakarta Raya, yang mengubah Xpander Ultimate miliknya, punya sistem peredam kejut seperti yang ada pada ragam bus kekinian.
"Pertama kali lihat ground clearance Xpander memang tinggi, cuma itu terlalu tinggi, mau lihat kondisi terendahnya jadinya, awal kepikiran ganti coil over atau air suspension, cari info sana-sini akhirnya ketemu, bus yang segede gitu puluhan ton, balon air susnya kuat, jadi diputusin pakai air suspension," Rio saat ditemui kumparanOTO beberapa waktu lalu di Tangerang.
Rio juga bilang, untuk mendukung impiannya punya Xpander paling ceper itu bukan cuma kaki-kakinya yang diganti, ban dan velg pun tidak absen untuk diubah.
Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper
Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper: Jarak antara tepian ban atas yang sudah tertutupi dengan fender (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
"Kalau velg ganti ring 19, sebelumnya bannya itu Toyo tingginya 40, cuma masih ketebalan akhirnya ganti ban Delinte yang punya tinggi 35 mm," tambahnya lagi.
ADVERTISEMENT
Dari hasil rombakan itu, ground clearance yang tadinya punya tinggi 205 mm, berubah jadi tinggal 11 cm atau 110 mm saja. Dan ternyata dengan angka segitu, Rio masih belum puas juga, ada keinginan yang belum terealisasikan untuk membuat Xpandernya ini sangat ceper hingga menyisakan jarak terendah 2 cm atau 20 mm.
"Rencana berikutnya mau ganti velg ring 18 sama ban ukurannya 35, ditambah shockbreaker dari Civic, biar ground clearance-nya jadi paling rendah 2 cm," sambungnya dengan tawa.
Rio menjelaskan, suspensi udara untuk penggunaan sehari-hari cukup membuat mobilnya nyaman. Karena komponen tambahan berupa balon yang ada pada tiap keempat bannya menggantikan fungsi per, sehingga bantingannya akan lebih berasa lembut.
ADVERTISEMENT
Untuk memainkan suspensi udaranya ini pun mudah, bisa memencet tombol langsung yang ada pada dashboard, atau menggunakan aplikasi pada smartphone yang terintegerasi dengan perangkat pada suspensinya.
Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper
Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper tampak serong kiri (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Selebihnya selain kaki-kaki, Rio merombak tampilannya ini punya nuansa elegan dan serba hitam. Bisa dibilang modifikasi eksteriornya ini cocok buat pemilik Xpander yang kurang suka dengan ornamen krom silver yang terlalu banyak.
Dari depan, terlihat kosmetika berwarna krom yang biasanya ada pada Xpander Ultimate berkurang. Itu karena Rio menggantinya dengan komponen yang ada pada Xpander tipe Exceed yang punya warna hitam, seperti pada grille-nya.
Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper
Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper: Bagian fascia (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Selain eksterior, ubahan lain juga hadir untuk menambah kenyamanan dan meningkatkan keamanan mobil. Contohnya penambahan armrest, kamera 360, head unit M-Tech, serta power back door.
Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper
Modifikasi Xpander bergaya elegan nan ceper: Tambahan berupa kamera 360 dan head unit besutan M-Tech (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Terakhir bicara total dana yang harus dikeluarkan, Rio menutup rapat mulutnya. "Rahasia, entar ketahuan bini bisa bahaya," tutup sambil tertawa lagi.
ADVERTISEMENT
Data modifikasi Xpander milik Rio Pandu Lampu: HID proyektor Autovision DRL: Aozoom Grille: Mitsubishi Xpander Exceed Velg: Facewheels FF72 with Rays Lug Nuts Ban: Delinte 215/35 ring 19 Air suspension: Airgen deluxe with android module and digital air pressure Jok kulit: MB-Tech Head unit: M-Tech 10 inch Kamera 360: Aftermarket by Kramat Motor Power back door: Aftermarket Cruise control: Aftermarket
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan