kumparan
search-gray
Otomotif20 Januari 2020 9:11

BMW 318i Mesin Baru, akan Ganggu Mercedes-Benz C180

Konten Redaksi kumparan
BMW 318i Mesin Baru, akan Ganggu Mercedes-Benz C180 (88975)
Tampilan depan BMW 330i M Sport. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Pabrikan asal Jerman BMW, terendus akan menyematkan mesin baru pada salah satu varian Seri 3 mereka, 318i. Model ini diperkirakan akan memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dari varian 320.
ADVERTISEMENT
Ini menarik, karena model ini kemungkinan akan menjadi penantang serius bagi Mercedes-Benz C180, atau dikenal dengan sebutan 'Cibo', yang baru saja mengaspal di Indonesia beberapa hari lalu.Bekal jantung pacu yang akan digunakan di 318i, yaitu mesin bensin empat silinder TwinPower Turbo, berkapasitas 2.0 liter yang akan, seperti dikutip dari Carscoops.
Mesin ini menjanjikan tenaga 154 dk dan torsi 250 Nm, yang selanjutnya akan disalurkan ke dua roda belakang. Soal kemampuannya, 318i diklaim mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 8,4 detik, dengan kecepatan tertinggi mencapai 223 km/jam.
Namun memang saat ini belum ada informasi pasti, apakah BMW Seri 3 varian ini akan diboyong ke Indonesia atau tidak.
BMW 318i Mesin Baru, akan Ganggu Mercedes-Benz C180 (88976)
BMW 330i M Sport di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya menjelang malam hari. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Hybrid
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, BMW juga akan menyempurnakan deretan model Seri 3 dengan teknologi hybrid tahun ini. Langkah ini disebut BMW, sebagai bentuk komitmen mereka dalam menghasilkan mobil bertenaga elektrifikasi.
Teknologi hybrid itu sendiri nantinya akan disematkan pada dua model Seri 3, yaitu sedan dan Touring. Menyoal sistem hybrid-nya, BMW menggunakan motor listrik berdaya 48 volt yang dikombinasikan dengan baterai tambahan.
BMW 318i Mesin Baru, akan Ganggu Mercedes-Benz C180 (88977)
Peserta sedang mencoba handling di tikungan Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Nantinya, sistem motor listrik tersebut akan mulai aktif bekerja manakala kecepatan mobil kurang dari 15 km/jam. Tentunya, dengan cara kerja demikian, diharapkan dapat mengefisiensi bahan bakar jauh lebih baik.
Tidak hanya bermanfaat untuk efisiensi bahan bakar, hadirnya sistem hybrid juga dapat memberikan tenaga tambahan sebesar 10 dk.
Adapun, kedua mobil tersebut akan menjalani debut perdananya terlebih dahulu di pasar Eropa dan Amerika. Menarik menunggu kedua varian terbaru dari BMW Seri 3 tersebut mengaspal di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white