Otomotif23 Juli 2020 20:13

BMW 840i M Technic Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,4 Miliar

Konten Redaksi kumparan
BMW 840i M Technic Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,4 Miliar (147404)
Tampilan depan BMW 840i M Technic Gran Coupe. Foto: BMW Group Indonesia.
BMW Group Indonesia menambah jajaran sportscar dengan meluncurkan BMW Seri 8 Coupe. Mobil yang hadir dalam dua tipe, 840i Gran Coupe M Technic dan 8401 Coupe M Technic masing-masing dijual Rp 2,409 miliar dan 2,469 miliar off the road.
ADVERTISEMENT
Meski tak dijual dalam varian terbatas, kuota pemesanan untuk tahun ini, keduanya hanya disediakan masing-masing tak lebih dari 10 unit saja.
"Untuk tahun depan akan terus ada, jadi memang bukan edisi spesial. Kita lihat apabila banyak sekali permintaan pelanggan, tahun depan pasti kita hadirkan lagi" kata Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania saat peluncuran secara virtual, Kamis (23/7).
Bicara perbedaan kasat mata, BMW 840i M Technic Gran Coupe dan Coupe punya perbedaan tampilan. Ya, jika Gran Coupe menawarkan sisi kemewahan, sementara varian Coupe menyajikan tampilan yang sporty.
BMW 840i M Technic Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,4 Miliar (147405)
Tampilan samping BMW 840i M Technic Gran Coupe. Foto: BMW Group Indonesia.
Pertama, bahas terlebih dahulu untuk varian Gran Coupe-nya. Nah, perbedaan yang mencolok ada pada bagian kapasitas penumpang. Di model ini dia mengusung konfigurasi 4 duduk dengan 4 pintu.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, secara performa mobil ini diklaim tetap menawarkan tenaga yang powerful dan dikembangkan bersamaan dengan BMW M8 GTE yang terkenal di lintasan balap.
Jika dibandingkan dengan Seri 8 Coupe sebelumnya ada peningkatan dimensi tubuh. Panjang tubuhnya menjadi 5.313 mm, lebar 1.968, dan tinggi 1.468 dengan jarak sumbu roda menjadi 3.023 mm.
Bagian depannya identik dengan DNA seri 8 Coupe yang punya tampilan mewah dan sporty. Pada lampu depan mengusung desain sipit dengan teknologi lampu LED Adaptif. Desainnya itu berpadu dengan grille dan lubang udara di sisi kanan dan kiri bumper depan.
BMW 840i M Technic Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,4 Miliar (147406)
Tampilan velg BMW 840i M Technic Gran Coupe. Foto: BMW Group Indonesia.
Dari sisi samping, desain aerodinamis sangat jelas terlihat dari mobil ini, Desain itu semakin tegas dengan penggunaan velg berukuran 20 inci dengan lebar berbeda pada bagian belakang dan depan.
ADVERTISEMENT
Dari belakang BMW Seri 8 Gran Coupe mengandalkan lampu LED L Shape dengan ukuran minimalis, serta diffuser yang terlihat gahar dengan dua pipa knalpot yang menjulur ke luar.
BMW 840i M Technic Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,4 Miliar (147407)
Tampilan kokpit BMW 840i M Technic Gran Coupe. Foto: BMW Group Indonesia.
Masuk ke dalam interior, ubahan memang tak terlalu banyak. Dia masih menyajikan ruang kabin yang lapang dengan sentuhan interior yang mewah.
BMW 840i M Technic Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,4 Miliar (147408)
Tampilan tempat duduk penumpang belakang BMW 840i M Technic Gran Coupe. Foto: BMW Group Indonesia.
Nah menariknya, untuk kursi penumpang juga menggunakan desain sport single semi bucket seat yang tentunya menawarkan sensasi kecepatan.
Di balik kapnya bersamayam mesin 3.000 cc, 6-silinder dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang menjanjikan tenaga maksimal 340 dk dan torsi maksimum di 500 Nm. Output tenaga itu disalurkan lewat transmisi 8-percepatan triptonic dan penggerak roda depan.
BMW 840i M Technic Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,4 Miliar (147409)
Tampilan belakang BMW 840i M Technic Gran Coupe. Foto: BMW Group Indonesia.
Menyoal fitur, mobil ini menawarkan segudang teknologi canggih untuk mengakomodasi para penggunanya. Berikut ini fitur-fiturnya:
ADVERTISEMENT
  • BMW Live Cockpit Professional
  • iDrive Controller
  • Parking Assistant Plus
  • Camera Surround View
  • Active Park Distance & Reversing Assistant
  • Lane Departure Warning
  • Lane Change Warning
  • Crossing Warning Rear
  • Active Cruise Control
  • BMW Intelligent Personal Assistant
  • Panoramic Glass Roof
  • Automatic Air with 4 Zone Control
  • Dan yang lainnya.

BMW 840i M Technic Coupe

BMW 840i M Technic Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,4 Miliar (147410)
BMW 840i M Technic Coupe. Foto: BMW Group Indonesia.
Sementara untuk varian Coupe 2 pintunya, BMW 840i tak memiliki perbedaan di sektor jantung mekanis dan penyematan fitur.
Hanya saja, tampilannya lebih sporty dengan beberapa kelir karbon kevlar di bagian eksterior maupun interior. Tentunya, jumlah 2 pintu ini semakin menegaskan DNA-nya sebagai mobil dengan performa tinggi.
"Jika dibandingkan dengan versi Grand Coupe, mobil ini jauh lebih gahar. Sesuai permintaan konsumen, akhirnya kita memilih untuk menyisipkan M Carbon Eksterior Package," kata Product Specialist BMW Group Indonesia, Anindya Kumoro.
ADVERTISEMENT
Kelir karbon tersebut disisipkan pada bagian bumper depan, spion, spoiler, dan juga diffuser. Tak hanya itu perbedaan juga ada pada bagian atap mobil, di model dua 2 pintu ini menggunakan panel roof carbon.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)