BMW: Harga Ganti Baterai Mobil Listrik Belum Tentu Mahal

19 November 2023 11:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
BMW Joy is Electric di Plaza Senaya, Jakarta, Rabu (1/11/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
Director of Sales BMW Indonesia Group, Ariefin Makaminan mencoba menjelaskan perihal penanganan baterai pada mobil listrik bila terjadi masalah seperti kerusakan atau penurunan kinerjanya.
ADVERTISEMENT
“Mungkin banyak konsumen atau orang konsep harga baterai itu sama dengan harga mobilnya atau bisa lebih mahal, atau setengah harga mobilnya. Kalau dari BMW itu tergantung,” buka Ariefin ditemui di Jakarta belum lama ini.
Maksud Ariefin, setiap pabrikan punya teknologi dan kebijakan penanganan berbeda soal baterai. Misalnya ada salah satu brand yang punya produk elektrik seharga Rp 600-700 juta, kemudian harga satu baterainya disebutkan Rp 300 jutaan.
“Kita kembali lagi tergantung teknologi yang dipakai, kalau kita hanya ganti per modul. Ada 10 modul dalam baterai kita. Kalau satu yang rusak, hanya satu yang diganti. Otomatis cost-nya jadi rendah,” imbuhnya.
BMW The iX saat ditampilam di BMW Joy is Electric, Plaza Senaya, Jakarta, Rabu (1/11/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Menurutnya, kerusakan atau masalah pada baterai mobil listrik perlu dilihat saksama. Bila saat diperiksa, komponen yang terdampak tidak menyeluruh, maka yang diganti bisa saja per sel atau per modul.
ADVERTISEMENT
“Tidak ada (efek mengganti satu sel atau modul), karena kita punya teknologi, kita punya teknisi yang kita benar-benar latih, diagnostic kita bisa tahu, yang ini rusak, bahkan posisi yang rusak, nomor sekian, ini yang diganti, jadi cuma itu saja yang diganti,” tukas Ariefin.
Namun, Ariefin menambahkan, mengenai kasus baterai mobil listrik yang bermasalah sehingga harus mengganti komponen atau satu pack baterai terbilang sangat jarang ditemui pada BMW.
“Dari zaman model i8 atau i3 yang sudah ada sejak tahun 2014 belum pernah ada yang ganti. Kalau ada penurunan baterai, balik lagi garansi sampai 8 tahun, itu diganti sampai BMW, tidak bermasalah. Selama 8 tahun jarang sekali kondisi baterai itu turun menjadi 80 persen, kalau turun di bawah 80 persen, kita akan ganti,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, BMW tetap menyediakan komponen modul dengan harga Rp 20 juta. Adapun garansi pabrikan selama 8 tahun atau 160.000 kilometer untuk semua mobil listrik BMW.
***