kumparan
search-gray
Otomotif24 Juli 2020 17:19

Bocor Paten e-Beetle, VW Kodok Mau Hidup Lagi?

Konten Redaksi kumparan
Bocor Paten e-Beetle, VW Kodok Mau Hidup Lagi? (368586)
Produksi VW Beetle resmi dihentikan Foto: dok. Carscoops
Volkswagen Beetle atau VW Kodok sudah tidak lagi diproduksi sejak medio 2019. Peminatnya makin berkurang, sehingga Beetle terpaksa dimatikan.
ADVERTISEMENT
Hanya saja jangan berkecil hati dulu. Rupanya diam-diam Volkswagen bakal menghidupkan kembali Beetle dalam wujud yang baru, lebih sejalan dengan perkembangan zaman.
Bocor Paten e-Beetle, VW Kodok Mau Hidup Lagi? (368587)
Nama paten e-Beetle didaftarkan di EUIPO. Foto: dok. Carscoops
Rangkaian patennya pun telah beredar dan dibocorkan salah satu anggota forum VWIDTalk, demikian seperti mengutip Carscoops. Ujar sumber, nama Beetle sudah didaftarkan lagi.
Seperti disebut di awal, bentuknya menyesuaikan tren, dalam artian Beetle terbaru ini nantinya akan menjelma jadi mobil listrik. Tentunya jika benar direalisasikan, cocok mengisi jajaran mobil setrum jenama Jerman ini dalam divisi VW ID.
Bocor Paten e-Beetle, VW Kodok Mau Hidup Lagi? (368588)
VW e-Bugster Concept Foto: dok. Carscoops
e-Beetle, demikian nama yang dipatenkan pada lembaga kekayaan intelektual Eropa (EUIPO) minggu lalu. Memang belum ada bocoran lebih lanjut, sehingga bisa jadi merupakan paten untuk mendefinisikan pengembangan teknologi listrik baru dari VW.
ADVERTISEMENT
Kemungkinan lainnya VW sengaja mendaftarkan nama itu karena memang tidak akan meluncurkan kembeli Beetle. Cara ini lumrah ditempuh pabrikan otomotif dalam upaya mengamankan nama produknya, supaya tidak digunakan perusahaan lain.
Apalagi mengingat VW Kodok merupakan model yang legendaris nan ikonik yang pertama kali lahir pada 1938 dan sudah menurunkan tiga generasi.
Bocor Paten e-Beetle, VW Kodok Mau Hidup Lagi? (368589)
VW e-Bugster Concept Foto: dok. Carscoops
Saat ini keluarga VW ID telah diisi dari ragam produk seperti ID.3, ID.4, ID.R untuk penggunaan di sirkuit, ID Crozz, e-Golf, ID.Buzz, ID.Vizzion, dan ID Buggy. Nah model yang terakhir ini sering dikaitkan dengan e-Bettle karena punya siluet dan lekukan bentuk bodi yang hampir mirip.
Jika boleh berandai, tentu e-Beetle cocok diproduksi menggunakan platform MEB, rancang bangun khusus mobil listrik yang dirancang Volkswagen Group dan bisa diaplikasikan pada model Audi, SEAT, maupun Skoda.
Bocor Paten e-Beetle, VW Kodok Mau Hidup Lagi? (368590)
Volkswagen ID 3 Foto: dok. VW

Ingat lagi sejarah VW Kodok

Umur Bettle atau VW Kodok 81 tahun sejak pertama kali mengaspal 1938 silam. Saat itu Beetle berhasil menjadi primadona di Jerman, sebagai kendaraan rakyat, yang dikenal sederhana, andal, dan praktis.
Bocor Paten e-Beetle, VW Kodok Mau Hidup Lagi? (368591)
Volkswagen Beetle Foto: dok. Carscoops
Pada generasi pertamanya itu, VW Beetle berhasil terjual sebanyak 21,5 juta unit secara global selama kurun waktu 59 tahun dari 1938 hingga 1997.
Bocor Paten e-Beetle, VW Kodok Mau Hidup Lagi? (368592)
VW Beetle generasi kedua Foto: dok. Top Gear
Selanjutnya, pada tahun 1998, VW akhirnya secara resmi meluncurkan Beetle generasi kedua yang tampil lebih fresh, lebih muda, namun tetap ikonik. Sayangnya peminat model suksesornya ini kian lesu. Dari 1998 sampai 2010 cuma terjual 1,2 juta unit, tentu jomplang dari performa penjualan generasi pertama.
ADVERTISEMENT
Terakhir pada 2011, VW melahirkan generasi ketiga dan terakhir Beetle. Serupa dengan sebelumnya, penjualannya makin anjlok. Cuma terjual sekitar 500 ribu unit sampai 2018.
VW Kodok produksi akhir keluar dari pabrik yang berlokasi di Puebla, Meksiko pada 10 Juli 2019 lalu.
Bocor Paten e-Beetle, VW Kodok Mau Hidup Lagi? (368593)
Produksi VW Beetle resmi dihentikan Foto: dok. Carscoops
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white