kumparan
search-gray
Otomotif21 Januari 2020 16:12

Bocoran Harga Suzuki XL7, Penantang Mitsubishi Xpander Cross

Konten Redaksi kumparan
Suzuki XL6
Suzuki XL6 Foto: dok. Istimewa
Rumor soal kehadiran Suzuki XL7, yang diperkirakan bakal meluncur Februari mendatang terjawab sudah. Setelah bentuk wujudnya bocor, kini soal harga dan spesifikasinya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelusuran, beberapa tenaga penjual sudah tak sungkan untuk membeberkan informasi soal XL7, termasuk memberikan foto yang diambil sebuah acara internal perusahaan Suzuki.
Soal kapan diperkenalkan, sumber kumparan tersebut mengungkap XL7 akan melakoni debutnya di Tanah Air pada Februari mendatang.
"Estimasi (launching) 10-15 Februari. Kalau informasi valid dari pre-launching (acara internal Suzuki) akan ada tiga tipe. Harganya beda 10 juta sama yang Suzuki Ertiga," katanya yang enggan disebutkan namanya, Selasa (21/1).
Suzuki XL7 bakal dijual dalam tiga varian, yaitu Zeta, Beta dan Alpha. Harga termurahnya bakal dilepas Rp 230 juta, dan Rp 267 juta untuk model tertingginya.
Harga
  • XL7 Zeta MT : Rp 230 juta
  • XL7 Zeta AT : Rp 240,5 juta
  • XL7 Beta MT : Rp 246,5 juta
  • XL7 Beta AT : Rp 257 juta
  • XL7 Alpha MT: RP 257 juta
  • XL7 Alpha AT: Rp 267 juta
ADVERTISEMENT
Tanda jadi Rp 5 juta
Sementara itu, ia juga mengatakan sudah ada beberapa calon konsumen yang menyatakan minat dengan Suzuki XL7, dan melakukan penyerahan tanda jadi.
"Sudah banyak yang bikin tanda juga Rp 5 juta," tambahnya.
Pre Launching Suzuki XL7
Informasi tipe dan harga Suzuki XL7. Foto: dok. Istimewa
Untuk pengiriman unit kepada konsumen kabarnya akan dilakukan pada bulan Maret sampai April 2020. Dalam gambar tersebut, bisa dilihat juga target penjualan dari Suzuki XL7 diharapkan bisa terjual 2.000 unit setiap bulannya.
Menanggapi kabar tersebut, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel mengamini gambar tersebut diambil dalam sebuah acara internal SIS.
"Kita masih dalam tahap finalisasi dan persiapan (launching Suzuki XL7). Kalau sudah siap, mungkin dilaunching sekarang. Mudah-mudahan secepatnya, dan informasi yang dishare dalam aku tersebut sifatnya adalah tidak resmi. Termasuk harga resmi, nanti ada kabar khusus dari Suzuki," kata Harold saat dihubungi kumparan, Selasa (21/1).
ADVERTISEMENT
Harold melanjutkan, sebelum ada proses launching dan informasi resmi dari PT SIS, konsumen diharapkan tak melakukan pembayaran. Ini sebagai langkah antisipasi penipuan pihak yang mencari keuntungan.
"Kalau seandainya salesman ambil DP atau inden itu adalah bagian dari mereka untuk mengambil momentum pribadi. Kalau dari kita sudah buka inden, pasti akan kita kabari," jelasnya.
Desain
Suzuki XL6
Suzuki XL6 Foto: Maruti Suzuki
Dari depan dan belakang mobil ini punya kemiripan dengan XL6, yang dijual lebih dulu untuk pasar India. Desainnya cukup menarik di sektor grill, lampu utama, foglamp, bumper, kap mesin, dan buritan pada skid plate baru.
Bagian over fender nya diberi ornamen plastik dengan kelir hitam, mengakomodasi skid plate pada bagian depan dan belakang. Karena mengusung konsep crossover, mobil ini juga disematkan roof rail untuk mempertegas gaya tangguhnya.
Captain seat di Suzuki XL6
Captain seat di Suzuki XL6 Foto: dok. Istimewa
Di India, mobil ini punya konfigurasi tempat duduk 6 penumpang. Sedangkan di Indonesia diberi nama XL7 yang artinya akan mengusung konfigurasi 7 penumpang.
ADVERTISEMENT
Spesifikasi
Mesin Seri K15B di all new Ertiga
Mesin Seri K15B di all new Ertiga Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO
Jika benar berbagi platform dengan Ertiga, maka di balik kapnya akan bersemayan mesin seri K15B, DOHC (Dual Overhead Camshaft), Variable Valve Timing (VVT) dengan kapasitas mesin yang naik menjadi 1.462 cc.
Mesin ini dikawinkan dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan. Di atas kertas mesin baru ini menjanjikan
tenaga 103 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.000 rpm.
Suzuki XL6
Suzuki XL6 Foto: dok. Istimewa
Suzuki XL7 akan menggunakan lampu LED pada bagian depan dan belakang. Nah teknologi ini dipercaya mampu mereduksi pemakaian listrik, namun cahaya yang dihasilkan tetap terang.
Menyoal fitur, XL7 juga disematkan beberapa fitur unggulan yang diklaim mampu menunjang mobilitas pengendaranya
Fitur keselamatan
  • Pengereman ABS
  • EBD
  • Rear parking sensor
  • Rear camera (AT)
  • Dual SRS Airbags
  • Isofix
  • Immobilizer
  • Side impact beam
  • Security alarm
  • Electronic Stability Programme
  • Hill Hold Control (AT)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white