Otomotif
·
18 September 2020 10:17

Bolehkah Mencampur BBM dengan Oktan yang Berbeda?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bolehkah Mencampur BBM dengan Oktan yang Berbeda? (32991)
Petugas mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU. Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/ kumparan
Kebiasaan yang masih kerap dilakukan pemilik kendaraan baik mobil atau sepeda motor adalah mencampur BBM. Seperti contohnya mengkombinasikan Premium, Pertalite, Pertamax Turbo, bahkan Racing.
ADVERTISEMENT
Lalu apakah kebiasaan itu boleh dilakukan? Menjawab ini Pertamina Sales Area Manager Retail Banten, Probo Prasiddhahayu mengatakan hal itu tak disarankan.
Bolehkah Mencampur BBM dengan Oktan yang Berbeda? (32992)
Selang tangki BBM dilengkapi pengaman. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Menurutnya, melakukan pencampuran BBM berbeda nilai oktan bukan permasalah boleh atau tidak, melainkan hasil performa yang diperoleh.
"Penghitungan pencampuran RON BBM tidak sesederhana itu perlu riset dan uji mutu yang sempurna. Jadi apabila konsumen mencampur seperti itu, tidak akan sempurna apa yang telah disajikan oleh Pertamina," paparnya belum lama ini.
Bolehkah Mencampur BBM dengan Oktan yang Berbeda? (32993)
Petugas mengisi bahan bakar pertamax di SPBU Pertamina. Foto: Dok. Pertamina
Sejatinya, kata Probo, mencampur Premium dengan Pertamax atau Pertamax Turbo itu bisa dilakukan karena kandungan dalam bensin itu memiliki zat yang serupa. Namun kembali lagi soal performa yang didapatkan.
"Tidak semudah itu penghitungannya jika kita mengoplos dan berpresepsi bahan bakar tersebut sama dengan yang diekspektasikan oleh masyarakat," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Nah, jika awalnya konsumen mengisi Pertalite, kemudian dicampur dengan Pertamax Turbo, maka hal tersebut tidak akan memperbaiki secara performa dan value for money. Sebaliknya itu sama saja menurunkan kualitas bahan bakar.

Tips berpindah RON BBM

Bolehkah Mencampur BBM dengan Oktan yang Berbeda? (32994)
Ilustrasi mengisi BBM sepeda motor. Foto: dok. AHM
Bagi Anda yang ingin mengganti RON BBM, misalnya dari Pertalite ke Pertamax Turbo hal yang dilakukan umumnya akan menunggu hingga tangki BBM hampir habis. Hal ini ternyata tak perlu dilakukan.
"Tidak harus tangkinya kosong lalu ganti Pertamax Turbo. Performa dari pertamax turbo akan muncul ketika sudah pengisian 3 kali Turbo. Barulah konsumen akan merasakan benefitnya," jelas Probo.
Namun, agar pemilihan RON BBM bisa tepat dengan spesifikasi kendaraan tak ada salahnya untuk melihat penyesuaian perbandingan kompresi mesin dengan nilai oktan berdasarkan laman The Burning Platform:
ADVERTISEMENT
  • Perbandingan kompresi 7-8:1 gunakan bahan bakar RON 87
  • Perbandingan kompresi 8-10:1 gunakan bahan bakar RON 91
  • Perbandingan kompresi 10-11:1 gunakan bahan bakar RON 98
  • Perbandingan kompresi 11-12:1 gunakan bahan bakar RON 100
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona