Otomotif
·
17 Agustus 2020 10:49

Bukan Mercy, Ini Mobil yang Dipakai Jokowi Saat Upacara 17 Agustus

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bukan Mercy, Ini Mobil yang Dipakai Jokowi Saat Upacara 17 Agustus (13479)
Toyota Alphard Kepresidenan. Foto: dok. Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kembali memimpin upacara peringatan kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara, pada hari ini (17/8).
ADVERTISEMENT
Berbeda dari upacara peringatan kemerdekaan di tahun-tahun sebelumnya yang digelar sangat meriah, kali ini upacara dilangsungkan dengan sederhana dan sedikit tamu undangan. Hal itu dikarenakan situasi pandemi COVID-19 yang masih terjadi di Indonesia.
Tak hanya suasananya saja yang berbeda, mobil kepresidenan yang dipakai Presiden Jokowi pada upacara kali ini juga tak biasa. Bila biasanya Jokowi selalu identik menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard atau S600 Pullman Guard, kali ini Jokowi justru memilih menggunakan Toyota Alphard sebagai pengantarnya menuju Istana Negara.
Bukan Mercy, Ini Mobil yang Dipakai Jokowi Saat Upacara 17 Agustus (13480)
Toyota Alphard Kepresidenan. Foto: dok. Youtube Sekretariat Presiden
Terlihat Toyota Alphard berkelir hitam mengenakan nomor polisi kepresidenan, yakni Indonesia 1 lengkap dengan bendera merah putih di atasnya. Tak ketinggalan, di sisi kanan dan kiri mobil tersebut juga di jaga ketat oleh dua paspampres penembak jitu yang menggunakan sepeda motor.
ADVERTISEMENT
Alasan pemilihan Toyota Alphard sebagai mobil kepresidenan pada upacara kali ini, memang belum dijelaskan oleh pihak Istana. Namun, besar kemungkinan pemilihan mobil tersebut dikarenakan Presiden Jokowi datang bersama keluarganya, sehingga membutuhkan mobil MPV yang punya daya tampung lebih besar dibandingkan sedan.
Bukan Mercy, Ini Mobil yang Dipakai Jokowi Saat Upacara 17 Agustus (13481)
Toyota Alphard Kepresidenan. Foto: dok. Youtube Sekretariat Presiden
Penggunaan Toyota Alphard sebagai mobil kepresidenan sendiri sebenarnya bukan suatu hal yang baru. MPV Premium dari Toyota itu memang dijadikan salah satu mobil cadangan kepresidenan dan kerap digunakan Jokowi saat kunjungan kerja atau berpergian dengan keluarganya.

Spesifikasi Toyota Alphard

Menyoal spesifikasinya, Toyota Alphard di Indonesia hadir dengan 3 pilihan jantung pacu, yakni mesin bensin 2,5 liter, bensin 3.5 liter, dan 2.5 liter hybrid.
Bukan Mercy, Ini Mobil yang Dipakai Jokowi Saat Upacara 17 Agustus (13482)
Toyota Alphard Kepresidenan. Foto: dok. Youtube Sekretariat Presiden
Dari ketiga pilihan itu, besar kemungkinan Alphard kepresidenan yang digunakan Presiden Jokowi menggendong mesin bensin 3.5 liter. Mesin itu menghasilkan tenaga 271 dk pada 6.200 rpm dan torsi 340 Nm pada 4.700 rpm.
ADVERTISEMENT
Tenaga itu selanjutnya disalurkan ke 2 roda belakang melalui sistem transmisi otomatik 6 percepatan sequential.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)