Otomotif
·
12 Juni 2020 17:16

Bukan Sekadar Aksesori, Ini 2 Fungsi Talang Air Mobil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bukan Sekadar Aksesori, Ini 2 Fungsi Talang Air Mobil (256697)
Door visor atau talang air pada mobil. Foto: subaruukhot
Salah satu cara membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik, yakni dengan menambahkan berbagai aksesori tambahan, salah satunya side visor atau talang air.
ADVERTISEMENT
Aksesori satu ini biasanya terpasang pada bagian atas jendela di 2 pintu baris pertama dan 2 pintu baris kedua. Sebagai sebuah aksesori, talang air tidak hanya berfungsi sebagai pemanis tampilan saja, namun juga punya fungsi yang cukup penting.
Dealer technical support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, menjelaskan talang air atau side visor akan sangat dibutuhkan fungsinya manakala saat kondisi hujan.
Salah satu fungsinya saat hujan dan ketika jendela dibuka sedikit, air tidak akan masuk," ucap Didi kepada kumparan, beberapa waktu lalu.
Bukan Sekadar Aksesori, Ini 2 Fungsi Talang Air Mobil (256698)
Talang air Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Dengan begitu, kata Didi, saat kaca depan dibuka sedikit, maka air hujan tidak akan masuk dan membasahi door trim atau bahkan mengenai sistem kelistrikan power window.
Selain berfungsi menghindari masuknya air hujan, adanya talang air juga bisa dimanfaatkan untuk menghalau sinar matahari saat siang hari. Khususnya yang datang dari arah samping kanan pengemudi.
ADVERTISEMENT
Apalagi, saat ini mayoritas talang air yang dijual dipasaran terbuat dari bahan acrylic berwarna hitam. Sehingga dapat meminimalisir masuknya sinar matahari ke dalam kabin mobil.
Bahkan, pada beberapa merek bagus yang ada dipasaran, beberapa talang air sudah dilengkapi dengan tambahan anti ultraviolet yang berfungsi sangat baik dalam menolak panas.
Bukan Sekadar Aksesori, Ini 2 Fungsi Talang Air Mobil (256699)
Door visor atau talang air pada mobil. Foto: afhkparts.com
Bagi Anda yang tertarik untuk menambahkan aksesori satu ini pada mobil Anda, maka bisa mencarinya di berbagai toko aksesori atau situs e-commerce. Menyoal harganya, terbilang variasi, mulai dari Rp 250 ribuan hingga Rp 750 ribuan.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.