Bukan yang Pertama, Honda PCX Buatan Sunter Juga Pernah Di-recall

23 September 2022 19:06
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
All new Honda PCX 160. Foto: dok. AHM
zoom-in-whitePerbesar
All new Honda PCX 160. Foto: dok. AHM
Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan recall untuk model Honda PCX 160. Pabrikan menemukan ada masalah pada bagian CVT skutik tersebut, sehingga harus melakukan penggantian part.
Selain produk tersebut, AHM juga menarik kembali beberapa Honda ADV 160. Keduanya menggunakan basis mesin dan sistem penggerak yang sama, otomatis permasalahannya juga serupa.
"Kami mengundang beberapa konsumen pemilik kedua model tersebut ke AHASS untuk pemeriksaan bagian pulley assy driven, guna memastikan kondisi sepeda motornya selalu dalam kondisi terbaik," jelas General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin kepada kumparan, Jumat (24/9).

Bukan recall pertama Honda PCX

Ini bukan recall pertama untuk Honda PCX yang diproduksi lokal itu. Tapi merupakan yang perdana untuk model Honda PCX 160.
Sebelumnya pada November 2019 lalu, AHM melangsungkan penarikan kembali Honda PCX 150 rakitan Sunter. Ada masalah pada sprocket cam, yang apabila didiamkan bisa menyebabkan mesin mati mendadak.
All New Honda PCX 150  Foto: Alfons Hartanto/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
All New Honda PCX 150 Foto: Alfons Hartanto/kumparan
Proses penanganannya juga sama, diam-diam AHM menyurati beberapa konsumen yang terdampak. Hingga akhirnya terkuak bahwa jumlah Honda PCX 150 yang kena recall sebanyak 280 unit.

Pengumuman kedua

Tak berhenti di situ, AHM akhirnya mengumumkan recall yang kedua pada Februari 2020. Kali ini melalui keterangan resmi kepada media disebutkan bahwa total motor yang terdampak mencapai 3.930 unit, lansiran 26-29 Juni 2019.
Ilustrasi komponen Sprocket Cam pada sepeda motor matik Honda. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi komponen Sprocket Cam pada sepeda motor matik Honda. Foto: Istimewa
Permasalahannya saa, ada pada komponen jeroan mesin yakni sprocket cam. Part ini bahasa bengkelnya adalah gear noken as atau gigi sentrik. Komponen ini vital, fungsinya sebagai pendistribusi daya dari rantai keteng guna memutar noken as.
Dengan part tersebut, timing buka tutup klep menjadi tepat. Apabila kondisi sprocket cam ini bermasalah, maka timing saat proses pembakaran bisa tidak sempurna. Bahkan bisa menyebabkan klep atau piston bertabrakan.
Komponen Sprocket Cam pada sepeda motor matik Honda. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Komponen Sprocket Cam pada sepeda motor matik Honda. Foto: Istimewa

Recall Honda PCX 160

Terbaru, AHM melakukan recall untuk Honda PCX 160 dan ADV 160. Masalahnya berbeda, ada pada sistem penggerak. Sayangnya Muhib, sapaan akrabnya yang mewakili AHM enggan membeberkan banyak perihal total jumlah maupun rincian produk yang bermasalah.
"Jumlahnya tidak banyak, hanya beberapa konsumen yang disurati saja atau di-SMS. PCX 160 dan ADV 160 pada range produksi tertentu," katanya.