Otomotif
·
7 Januari 2021 10:29

Bus Bekas PO Sumber Alam Mulai Rp 20 Jutaan, Setara Honda Vario Baru

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bus Bekas PO Sumber Alam Mulai Rp 20 Jutaan, Setara Honda Vario Baru (47234)
Bus bekas PO Sumber Alam. dok. Youtube Sumber Alam ID
Bus bekas berukuran besar yang sudah berumur tua rupanya dijual murah. Seperti milik Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam yang bermarkas di Kutoarjo, Jawa Tengah, banderolnya bisa setara dengan Honda Vario baru atau Yamaha NMax bekas.
ADVERTISEMENT
Harganya paling murah mulai dari Rp 20 jutaan tergantung kondisi, model bodi bus, ketersediaan AC, sasis beserta mesin, dan tahun pembuatan. Dan rata-rata bus bekas yang dijual sudah berumur sekitar 20 tahun.
"Biasanya untuk bus keluaran tahun 90-an sampai 2000. Ambil bodinya saja Rp 20 juta, semisal sama mesin ya hitunglah Rp 40 juta," terang pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali kepada kumparan, Rabu (6/1).
Bus Bekas PO Sumber Alam Mulai Rp 20 Jutaan, Setara Honda Vario Baru (47235)
Bus bekas PO Sumber Alam. dok. Youtube Sumber Alam ID
Anthony menjelaskan karena umur busnya tua, jangan heran kalau kondisi bus apa adanya. Ada yang panel bodinya terkelupas, ada kaca yang pecah, atau minus panel bodi lainnya. Makanya setelah diboyong, bus perlu dirombak.
Namun perlu diingat. Bus bekas berbanderol murah tersebut umur pakainya tidak lama. Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 98 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Umum Dalam Trayek, usia bus AKAP atau AKDP maksimal 25 tahun.
Bus Bekas PO Sumber Alam Mulai Rp 20 Jutaan, Setara Honda Vario Baru (47236)
Bus bekas PO Sumber Alam. dok. Youtube Sumber Alam ID
Artinya jika membeli bus bekas yang umurnya pas 25 tahun, maka tidak boleh digunakan sebagai angkutan trayek lagi. Maka dari itu Anthony bisa menjualnya secara ketengan.
ADVERTISEMENT
"Mau ambil bodinya saja untuk kantor, cafe resto, atau motor home, bisa dimodifikasi. Atau beli sekaligus dengan mesin untuk dijadikan spare part atau ditimbang jadi besi rongsokan juga bisa," terangnya lagi.
Bus Bekas PO Sumber Alam Mulai Rp 20 Jutaan, Setara Honda Vario Baru (47237)
Bus bekas PO Sumber Alam. dok. Youtube Sumber Alam ID
Beda cerita jika menebus bus bekas maksimal yang dibuat tahun 2001 pada awal 2021 ini, pembeli masih bisa menggunakannya sebagai armada angkutan trayek AKAP maupun AKDP.
Tapi maksimal operasionalnya 5 tahun hingga 2026, mengingat sisa batas pemakaian bus dengan trayek yang ditentukan pemerintah.
"Rata-rata unitnya Mercedes-Benz dan hidup semua, rem ada tinggal pasang aki baru, ganti oli bisa jalan lagi tinggal bersihkan dalamnya," pungkas Anthony.
Bus Bekas PO Sumber Alam Mulai Rp 20 Jutaan, Setara Honda Vario Baru (47238)
Bus bekas PO Sumber Alam. dok. Youtube Sumber Alam ID

Bus bisa diremajakan lagi

Selanjutnya pembeli atau operator tinggal meremajakan bodi, kaki-kaki sekaligus interior bus bekas berumur tersebut di karoseri, supaya menarik penumpang untuk naik nantinya.
ADVERTISEMENT
"Intinya beli bus bekas di sini semuanya bisa dibicarakan full negotiable. Atau bisa juga menyesuaikan budget, misal minta dicarikan bus Rp 50 juta nanti kami bantu pilihkan modelnya, datang ke sini, bayar, bawa pulang," tuntas Anthony.