Otomotif
·
7 Mei 2021 3:44

Bus Mewah Trans Jaya Asal Semarang, Ada Sofa, Meja Makan hingga Dapur!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bus Mewah Trans Jaya Asal Semarang, Ada Sofa, Meja Makan hingga Dapur! (23960)
searchPerbesar
Bus Trans Jaya. Foto: Dok. Istimewa
Perusahaan bus pariwisata di Indonesia seakan tak ada habisnya dalam berinovasi. Setelah bus premium Pandawa 87 yang belum lama ini viral, kini kembali ramai diperbincangkan bus mewah Trans Jaya asal Semarang.
ADVERTISEMENT
Dari luar sebenarnya tampak serupa bus pada umumnya. Tapi beda cerita ketika sudah masuk ke dalam, nuansanya seperti ruang keluarga ditambah ragam fasilitas penunjang kenyamanan selama di perjalanan.
Di dalamnya selain ada jok yang menghadap ke depan, dilengkapi dengan sofa yang bisa difungsikan sebagai tempat tidur. Ada juga di belakangnya meja makan, sehingga dinamakan sebagai Camper Bus.
Bahkan ujar si desainer bus, yang juga General Manager Trans Jaya Bus Pariwisata, Jeffrey Soegeng, bagian buritan kabin supaya tidak kosong dijadikan sebagai dapur. Jadi bisa sekalian ajak juru masak pribadi dalam perjalanan.
"Karena konsepnya sekarang lagi pandemi nggak bisa travelling ramai-ramai jadi kami sasar marketnya keluarga dengan jumlah belasan orang. Sehingga kami buat bus yang lebih nyaman, modif sendiri," buka Jeffrey kepada kumparan, Kamis (6/5).
ADVERTISEMENT
"Makanya kami pesan furniture supaya ada area tidur-tiduran, dan kitchennet untuk melengkapi kebutuhan yang dibutuhkan selama di perjalanan, termasuk wastafel, kulkas, UV sterilizer, dan dispenser," tambahnya.
Guna melengkapi fasilitas kenyamanan, kabin bus mewah itu juga dipasang layar TV serta colokan di beberapa titik. Semua jok bisa difungsikan sebagai reclining seat dengan legrest.
Bus Mewah Trans Jaya Asal Semarang, Ada Sofa, Meja Makan hingga Dapur! (23961)
searchPerbesar
Kabin bus Trans Jaya. Foto: Dok. Istimewa
Secara total jika sofanya tak dijadikan bed bisa menampung hingga 30 orang. "Tapi rekomendasinya hanya 16 orang, supaya bisa nyaman karena posisinya nggak semua duduk, yang namanya tamasya bersama keluarga pasti duduknya pindah-pindah," imbuhnya.
Bus Mewah Trans Jaya Asal Semarang, Ada Sofa, Meja Makan hingga Dapur! (23962)
searchPerbesar
Kabin bus Trans Jaya. Foto: Dok. Istimewa

Spesifikasi bus Trans Jaya

Bus menggunakan sasis Hino RK8 R260. Tipe mesinnya J08E-UF berkubikasi 7.684 cc Diesel 6-silinder dengan turbo intercooler. Di atas kertas menjanjikan tenaga 260 ps pada putara 2.500 rpm dan torsi puncak 745 Nm pada putaran 1.500 rpm.
ADVERTISEMENT
Daya maksimumnya dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan. Kecepatan puncaknya bisa mencapai 116 km/jam dan kapasitas tangki bisa menenggak 270 liter solar.
Bus Mewah Trans Jaya Asal Semarang, Ada Sofa, Meja Makan hingga Dapur! (23963)
searchPerbesar
Kabin bus Trans Jaya. Foto: Dok. Istimewa
Oh iya mengenai bodinya menggunakan Jetbus 3+ High Deck Double (HDD) Glass, buatan karoseri Adi Putro Wirasejati yang bermarkas di Malang, Jawa Timur.

Tarif sewa bus Trans Jaya

Mengenai harga sewa bus Trans Jaya ini mulai dari Rp 3,5 juta sehari. Jadi umpama sewa dari Semarang ke Bali 5 hari, tinggal dikali 5 tarifnya.