kumparan
search-gray
Otomotif20 Juni 2018 13:09

Cara dan Biaya Perawatan Rem ABS Yamaha NMax

Konten Redaksi kumparan
Yamaha NMax
Fitur ABS di NMax (Foto: dok. Yamaha)
Teknologi anti-lock braking system atau yang biasa dikenal dengan sebutan ABS menjadi fitur keselamatan yang cukup populer saat ini. Tidak hanya untuk kendaraan roda empat, fitur ini pun mulai menjamah sektor roda dua.
ADVERTISEMENT
Fitur ABS sendiri diklaim mampu meminimalisir kecelakaan yang diakibatkan dari ban yang terkunci saat melakukan hard braking atau pengereman secara tiba-tiba. Salah satu motor yang sudah dilengkapi dengan fitur ini adalah skutik gambot besutan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), NMax.
Tapi apakah fitur yang satu ini perlu perawatan khusus ketimbang motor yang belum dilengkapi dengan ABS? Dan berapa perkiraan biaya yang harus digelontorkan sang empunya kendaraan untuk melakukan perawatan?
“Pada dasarnya ABS tidak memiliki perawatan khusus, selama penggunanya menggunakan secara normal, itu tidak mungkin bermasalah sistem ABS-nya,” papar Mekanik Sakura Yamaha Motor yang akrab disapa Rendy saat dihubungi kumparanOTO, Rabu (20/6).
“Sejauh ini belum ada keluhan-keluhan yang dikeluhkan konsumen untuk ABS. Hanya saja, untuk menghindari rem ABS tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, kami tidak menyarankan kepada konsumen untuk melakukan modifikasi terutama pada komponen kaki-kaki atau roda. Karena takut produk after market yang digunakan tidak sesuai dengan sistem ABS-nya,” jelasnya.
Yamaha NMax 2018
Yamaha NMax 2018 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Perawatan
ADVERTISEMENT
Tentang hal ini Rendy menjelaskan untuk merawat Yamaha NMax yang sudah dibekali dengan fitur ABS, konsumen hanya perlu secara rutin melakukan servis berkala (1.000 km, 4.000 km, 8.000 km, 10.000 km) di bengkel resmi sesuai dengan buku panduan manual yang diberikan pada saat baru membeli motor.
(Untuk mengetahui berapa biaya servis berkala Yamaha NMax, kamu bisa melihat di tautan ini)
“Yang secara rutin harus diperhatikan paling hanya keausan cakram atau kampas remnya, itu yang paling dasar. Penggantian kampas rem tidak terikat oleh waktu tertentu, tergantung pemakaiannya. Kalau dirasa performanya sudah menurun, segera lakukan penggantian,” ujarnya.
“Biasanya kampas rem bagian belakang cenderung lebih sering untuk diganti, perbandingannya sekitar 3:1 dengan yang depan,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Soal biaya penggantian kampas rem bagian depan dibanderol dengan harga Rp 70 ribu, dan untuk bagian belakangnya sekitar Rp 85 ribu. Ditambah jasa servis yang berkisar Rp 60-85 ribu (tergantung jenis servis dan bengkel di mana melakukan perawatan).
Setelah kampas rem, saat melakukan servis berkala, nantinya mekanik juga akan mengecek performa rem dengan menggunakan alat pengukur khusus untuk memastikan kondisi ABS selalu dalam keadaan baik.
(Untuk tahu lebih banyak informasi soal Yamaha NMax, kamu bisa membacanya di sini)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white