kumparan
search-gray
Otomotif29 Juli 2020 19:29

Cara Mudah Hilangkan Noda Menguning di Plafon Mobil

Konten Redaksi kumparan
Cara Mudah Hilangkan Noda Menguning di Plafon Mobil  (26226)
Ilustrasi membersihkan plafon pada mobil. Foto: dok. Istimewa
Mobil yang sudah berumur, biasanya memiliki plafon yang mulai menguning. Tentu hal ini mengurangi estetika dalam kabin dan tak sedap untuk dipandang.
ADVERTISEMENT
Stefanus Yoga, pemilik Detailworks Motospa, Bintaro, Tangerang Selatan, mengatakan plafon mobil cepat menguning disebabkan 2 kebiasan salah pengemudi.
Cara Mudah Hilangkan Noda Menguning di Plafon Mobil  (26227)
Ilustrasi plafon pada mobil. Foto: dok. Istimewa
"Jika noda kuning terlihat merata pada plafon, biasanya karena driver sering mengemudi dengan kaca terbuka, sehingga partikel debu menumpuk di plafon. Kalau kuningnya cenderung di area tertentu, itu disebabkan oleh asap rokok," kata Yoga kepada kumparan, Selasa (28/7).
Namun jangan khawatir noda atau kotoran yang menumpuk pada plafon mobil bisa Anda bersihkan di rumah dengan alat-alat yang mudah ditemui. Berikut ini cara penanganannya.

Plafon menguning karena debu

Cara Mudah Hilangkan Noda Menguning di Plafon Mobil  (26228)
Desain interior Peugeot 3008 Allure Plus. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Untuk plafon mobil yang menguning karena debu, dijelaskan Yoga metode membersihkannya hampir serupa dengan kasus plafon yang menguning karena asap rokok.
"Gunakan cairan interior cleaner atau all purpose yang disemprotkan ke microfiber yang sudah basah. Kemudian tempel ke plafon dan bersihkan dengan gerakan searah, ulangi proses itu sampai bersih," jelasnya.
Cara Mudah Hilangkan Noda Menguning di Plafon Mobil  (26229)
Ilustrasi membersihkan plafon pada mobil. Foto: dok. Istimewa
Nah, untuk finishing gunakan kain microfiber yang baru untuk mengeringkan. Tahapan ini penting agar kabin tak lembab yang bisa saja menimbulkan bau yang tak sedap.
ADVERTISEMENT
"Caranya gerakan memutar untuk menyerap sisa residu dan air. Hati-hati untuk plafon berbahan suede agar tidak terlalu keras saat mengusap," ungkapnya.

Noda di plafon karena asap rokok

Cara Mudah Hilangkan Noda Menguning di Plafon Mobil  (26230)
Ilustrasi meroko saat mengendarai mobil. Foto: dok. Istimewa
Untuk kasus yang ini Yoga menyarankan agar dibersihkan dengan sikat khusus atau jika terpaksa bisa menggunakan sikat gigi.
"Semprot cairan interior cleaner ke sikat yang sudah basah, lalu apply ke plafon dengan gerakan memutar juga. Terakhir gunakan microfiber kering untuk menyerap kotoran yang tersisa," paparnya.
Untuk pengeringan yang maksimal bisa menggunakan blower dengan tekanan angin yang rendah. Sebab, selain muncul bau tak sedap, plafon yang lembab bisa ditumbuhi jamur dan bakteri.

Semua noda bisa dibersihkan

Cara Mudah Hilangkan Noda Menguning di Plafon Mobil  (26231)
Ilustrasi sikat gigi Foto: Shutterstock
Yoga menjelaskan, rata-rata semua noda pada plafon bisa dihilangkan dengan penanganan yang cepat dan benar.
ADVERTISEMENT
"Nah, bagi yang tidak punya cairan khusus pembersih, bisa gunakan cairan pembersih piring (khusus noda ringan). Bisa juga menggunakan detergen, asal yang cair dan bukan bubuk," katanya.
Detergen bubuk, jelas Yoga akan meninggalkan sisa residu dan membuat tekstur plafon berbahan suede dan fabric jadi mengeras.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona