Otomotif
·
4 Desember 2017 14:49

Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim Hujan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim Hujan  (750648)
Perawatan sepeda motor (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Cuaca bisa mengakibatkan cat atau body motor mudah rusak. Terlebih lagi, ketika musim hujan seperti ini, Anda harus rajin-rajin membersihkan sepeda motor.
ADVERTISEMENT
Salah satu pemilik Restomax -- penyedia layanan salon motor di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan -- Aldi Garialdi Kasim memberikan tips perawatan sepeda motor di musim hujan.
Hal yang perlu diperhatikan adalah setelah sepeda motor terpapar air hujan sebaiknya langsung disiram dan dilap hingga bersih.
Menurut Aldi, air hujan yang menempel pada body motor mengandung banyak partikel yang bisa merusak cat dan body.
“Perawatan paling simple sih setelah hujan dicuci, dibilas, terus dilap sampai kering, karena kan segala racun nempel di air hujan, debu lah, tanah, aspal, segala macemnya itu harus dibersihin dari body motor,” paparnya saat ditemui kumparan (kumparan.com), Senin (4/12).
Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim Hujan  (750649)
Perawatan Sepeda Motor (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)
Saat mencuci, pastikan penggunaan sabun yang khusus untuk kendaraan. Aldi mengingatkan untuk tidak mencampur penggunaan sabun dan lap untuk area body serta mesin.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dia juga menyarankan untuk memperhatikan pH air yang digunakan. Kemudian jangan menggunakan air bertekanan agar tidak merusak body motor.
Perawatan lanjutan
Selain dicuci bersih, pemilik kendaraan direkomendasikan melakukan waxing pada sepeda motor. “Untuk penggunaan sehari-hari (daily use) waxing itu direkomendasikan kok, malah ngelindungin cat motor juga,” kata Aldi.
Nah, agar tingkat kebersihan sepeda motor lebih maksimal, tidak ada salahnya untuk melakukan detailing. Perawatan ini termasuk menghitamkan kembali body motor berbahan plastik. Bila perlu, berilah lapisan coating menghasilkan efek daun talas.
Bagi Anda yang malas melakukan cuci dan perawatan sepeda motor sendiri, Restomax bisa jadi solusi. Ini adalah salon motor yang berlokasi di Lebak Bulus 1 No. A3, Jakarta Selatan. Mereka menawarkan berbagai macam perawatan sepeda motor.
ADVERTISEMENT
Selain cuci sepeda motor, mereka juga menyediakan layanan premium wash & wax, body detailing, complete washing hingga pengecetan ulang motor. Restomax sendiri buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.