Otomotif
·
19 Februari 2020 15:36

Cara Peugeot Indonesia Manjakan Pemilik `Singa` Tua

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Peugeot Indonesia Manjakan Pemilik `Singa` Tua  (9838)
Tampilan luar Peugeot 306 N3 Foto: Muhammad Ikbal
Pengguna mobil Peugeot lawas populasinya cukup banyak di Tanah Air. Sehingga, mobil lawas itu pun masih sering kita temui di jalan.
ADVERTISEMENT
Loyalis pengguna Peugeot itu pun menjadi nilai lebih sendiri bagi PT Astra International Tbk–Peugeot Sales Operations. Perusahaan pun masih memberikan pelayanan kepada konsumen Peugeot tua dengan menyediakan suku cadang dan servis.
"Selama customer-nya masih berniat untuk mempertahankan mobil itu kita akan layani," kata Head of Finance & Marketing PT. Astra International - Peugeot Sales Operation, Fajar Cendekia kepada kumparan di Solo Jawa Tengah, Senin (17/2).
Cara Peugeot Indonesia Manjakan Pemilik `Singa` Tua  (9839)
Tampilan Mesin Peugeot 306 N3 setelah dipasang turbocharger Foto: dok. Istimewa
Hanya saja, Peugeot Indonesia membatasi ketersediaan sparepart dihitung dari tahun produksi mobil tersebut. “Misalkan masa hidupnya 10 tahun. Dari produksi terakhir prinsipal menyediakan komponen sampai 10 tahun mendatang," tambahnya.
Lalu bagaimana jika salah satu model Peugeot lawas tak lagi disediakan sparepart-nya? Fajar mengatakan berdasarkan izin prinsipal, menggunakan produk OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk model lawas masih diperbolehkan.
ADVERTISEMENT
"Secara aturan, dari Peugeot prinsipalnya memang tidak melarang itu. Tapi kalau yang model untuk komponen fast moving kita berani. Untuk komponen slow moving itu diusahakan dari kita," paparnya.
Cara Peugeot Indonesia Manjakan Pemilik `Singa` Tua  (9840)
Peugeot 206 Foto: dok. Istimewa
Sementara itu untuk menarik konsumen servis di diler resmi, Astra Peugeot juga memberikan potongan harga hingga 25 persen untuk biaya jasa dan sparepart. Adapun untuk modelnya adalah Peugeot 206, 306, 406, 806, 107, 207, 307, 308, 408, dan 508.
"Dari Astra dan Peugeot-nya memang sudah komitmen, jika memang sparepart-nya tidak ada di Indonesia kita akan upayakan mencari tidak sampai 1 bulan, 3 minggu sudah ada di cabang," jelasnya.