Otomotif15 Juli 2020 18:50

Cara Rifat Sungkar Hibur sang Ayah dengan Porsche 356a Klasik

Konten Redaksi kumparan
Cara Rifat Sungkar Hibur sang Ayah dengan Porsche 356a Klasik (369)
Porsche 356a Coupe Rifat Sungkar. Foto: dok. Instagram Rifat Sungkar
Pereli nasional Rifat Sungkar memiliki cara yang unik untuk menghibur dan menghabiskan waktu bersama sang ayah, Helmy Sungkar. Baru-baru ini, melalui vlog di akun Youtube-nya Rifat mengajak sang ayah jalan-jalan sore sekaligus bernostalgia dengan mengendarai Porsche 356a Coupe klasik miliknya.
ADVERTISEMENT
Sang ayah yang telah lama menderita sakit diabetes, memang sudah tidak bisa beraktivitas normal karena harus duduk di kursi roda. Meski begitu, hal tersebut tak menghalangi Rifat untuk membuat ayahnya kembali tersenyum sambil bercerita masa mudanya dahulu yang sering mengendarai Volkswagen Kharman Ghia.
Video
Dalam video tersebut, sang ayah bercerita bahwa dirinya dahulu sering mengendarai Volkswagen Kharman Ghia milik temannya untuk jalan-jalan ke Puncak Jawa Barat.
"Warnanya biru laut dalamnya hitam, itu paling begitu tahun 60an," cerita sang Ayah Helmy Sungkar dalam video tersebut.
Tak hanya sekadar jalan-jalan sore di sekitar tempat tinggalnya, Rifat juga mengajak sang ayah mampir ke rumah saudara dan adiknya Rizal Sungkar yang tinggal tidak terlalu jauh dari situ.
ADVERTISEMENT
Mengajak sang ayah jalan-jalan sore dengan menggunakan Porsche 356a, diakui Rifat memang sudah sejak lama dia rencanakan.
"Begitu gue ceritain (Porsche) 356, wah berapi-api luar biasa deh semangatnya (sang ayah). Dan gue punya niat kalau mobil ini jadi, gue harus ajak bokap gue jalan-jalan," kata Rifat.
Cara Rifat Sungkar Hibur sang Ayah dengan Porsche 356a Klasik (370)
Porsche 356a Coupe Rifat Sungkar. Foto: dok. Instagram Rifat Sungkar
Bagi Rifat, mengajak sang ayah berjalan-jalan sore dengan mobil tersebut, memiliki arti yang besar dan tidak bisa terbayarkan dengan apa pun. Melihat sang ayah kembali tersenyum dan semangat saat duduk di dalam Porsche 356a miliknya, membuat dirinya sangat bahagia.
Hari ini gue merasa bahagia banget bisa nyenengin orang tua gue. Biasanya bokap gue naik mobil 10 menit muntah, karena dia sudah lama banget terbaring di tempat tidur. Tapi hari ini gue bisa bawa dia di mobil ini 2 setengah jam dan dia terus minta nambah," ungkap Rifat.
Rifat Sungkar mengatakan, untuk membuat orang tua tersenyum tidak melulu hanya dengan materi saja. Namun, sebuah perhatian seperti menghabiskan waktu bersama sang Ayah dengan naik mobil klasik yang punya memori masa lalu, juga bisa menjadi obat yang paling ampuh.
ADVERTISEMENT

Spesifikasi Porsche 356a milik Rifat Sungkar

Adapun Porsche 356a yang dimiliki Rifat merupakan 356a pre-facelift tahun 1956. Pada jantung pacunya, mobil asal Jerman itu menggendong mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.6 liter.
Cara Rifat Sungkar Hibur sang Ayah dengan Porsche 356a Klasik (371)
Porsche 356a Coupe Rifat Sungkar. Foto: dok. Instagram Rifat Sungkar
Di atas kertas, mesin berpendingin udara itu mampu menghempaskan tenaga 90 dk dan dipadukan sistem transmisi manual 4 percepatan konfigurasi gigi mundur ke arah kiri atas.
Porsche 356a milik Rifat ini tentu telah melalui tahap restorasi yang cukup panjang. Meski berstatus restorasi, namun Rifat Sungkar tetap mempertahankan unsur orisinalitas dari mobil ini, baik pada eksterior, interior, mesin, hingga berbagai aksesori yang tersemat.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white