Otomotif
·
21 Desember 2020 5:03

Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Libur Nataru di Beberapa Ruas Tol

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Libur Nataru di Beberapa Ruas Tol (312675)
searchPerbesar
Sejumlah kendaraan melintas di lajur contraflow di ruas jalan Tol Jagorawi arah menuju ke Cawang di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) regional division, selaku operator ruas tol Dalam Kota, JORR, Jagorawi, serta Cipularang dan Padaleunyi, telah menyiapkan berbagai rekayasa lalu lintas dalam menyambut musim liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).
ADVERTISEMENT
Marketing and Communication Department Head JMT, Irra Susiyanti, mengatakan ada 3 skema rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan Jasamarga dan Kepolisian di 3 ruas tol, yakni ruas tol Jagorawi, ruas tol dalam kota, dan ruas tol Purbaleunyi.
"Untuk melakukan upaya percepatan penanganan gangguan di lajur tol, JMT telah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk menyiapkan langkah antisipatif terhadap kepadatan lalu lintas yang terjadi, berupa rekayasa lalu lintas secara situasional di beberapa titik lokasi," kata Irra dalam keterangan resminya.
Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Libur Nataru di Beberapa Ruas Tol (312676)
searchPerbesar
Kendaraan memadati ruas Tol Jagorawi KM 6 di Jakarta, Kamis (29/10). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

1. Ruas tol Jagorawi:

Penerapan contraflow sebagai antisipasi penutupan arah jalur puncak pada malam pergantian tahun. Pemberlakuan contraflow dilakukan berdasarkan diskresi Kepolisian mulai jam 6 pagi dari Km 44+600 hingga KM 46+400.
Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Libur Nataru di Beberapa Ruas Tol (312677)
searchPerbesar
Macet jelang libur panjang di ruas Tol Dalam Kota, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: Wahyu Putro A/Antara Foto

2. Ruas tol dalam kota:

Jika ada indikasi kepadatan lalu lintas dari arah tol Dalam Kota menuju ruas tol Jakarta Cikampek dengan panjang antrean sudah mencapai simpang susun Cawang, maka pengguna jalan akan dialihkan mengambil jalur alternatif untuk selanjutnya menuju tol JORR atau jalan arteri.
Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Libur Nataru di Beberapa Ruas Tol (312678)
searchPerbesar
Suasana kendaraan yang melaju menuju Kota Bandung usai keluar Gerbang Tol Pasteur, Bandung. Foto: Novrian Arbi/Antara

3. Ruas tol Purbaleunyi

Mengantisipasi kepadatan di gerbang tol keluar Pasteur arah kota Bandung, Jasamarga dan Kepolisian akan mengalihkan sebagian pengguna jalan untuk keluar di gerbang tol Baros atau Pasirkoja.
Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Libur Nataru di Beberapa Ruas Tol (312679)
searchPerbesar
Suasana rest area Tol Jakarta-Cikampek. Foto: dok. PT Jasa Marga

Rest area dibatasi 50 persen

Selain menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di lajur tol, Jasamarga juga akan memberlakukan beberapa skema rekayasa lalu lintas di tempat peristirahatan.
ADVERTISEMENT
Sama seperti libur panjang beberapa waktu lalu, pengunjung rest area tol akan dibatasi 50 persen dari kapasitas parkir yang tersedia.
"Peraturannya masih sama seperti sebelumnya, kapasitas parkir akan dibatasi 50 persen lalu waktu kunjungan setiap kendaraan maksimal 30 menit," ujar Rahavica Putri, Manager Corporate Adm. & Communication PT Jasamarga Related Business.
Menyoal pengaturannya, lanjut Rahavica, Jasamarga bersama Kepolisan akan memberlakukan sistem buka tutup. Artinya, apabila rest area sudah terpenuhi 50 persen, maka akan ditutup sementara waktu.
Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Libur Nataru di Beberapa Ruas Tol (312680)
searchPerbesar
Petugas keamanan melintas di area parkir yang diberi pembatas jaga jarak di Rest Area Palm Square Km 13,5 Tol Jakarta-Tangerang, Banten, Jumat (29/5/2020). Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Tidak hanya itu, penerapan protokol kesehatan juga wajib dipatuhi oleh setiap penngunjung yang berhenti di rest area, mulai dari penggunaan masker, rajin mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, hingga jaga jarak dengan pengunjung lainnya.
Bahkan, sebagai langkah antisipatif, Jasamarga bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan menggelar rapid test antigen secara acak, terutama bagi pengunjung yang melanggar protokol kesehatan.
Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Libur Nataru di Beberapa Ruas Tol (312681)
searchPerbesar
Jasamarga siapkan petugas mobile reader di gerbang tol utama. Foto: dok. Jasa Marga

Optimalkan seluruh layanan

Guna memberikan pelayanan optimal, JMT memastikan akan mengoperasikan seluruh gerbang tolnya yang berjumlah 116 gardu, serta petugas mobile reader. Khusus layanan mobile reader, akan dimanfaatkan apabila kondisi lalu lintas di sekitar gerbang tol dinilai sudah terlalu padat.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, JMT juga telah menyiagakan 39 unit kendaraan mobile customer service, 14 unit ambulans, serta 11 unit kendaraan rescue yang akan selalu siaga selama libur Nataru.
Jasamarga juga memastikan keberfungsian beberapa sarana pendukung lainnya, seperti 511 unit CCTV, 145 unit Variable Massage Sign (VMS), 8 unit VMS mobile, serta 12 unit Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS).
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020