Cerita di Balik Lahirnya Varian Toyota GR Sport

29 September 2021 14:06
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Cerita di Balik Lahirnya Varian Toyota GR Sport (55676)
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Rush GR Sport. Foto: dok. Toyota Astra Motor
ADVERTISEMENT
Bagi Toyota, aktivitas balap bukan selalu mengenai hobi, hiburan, atau gaya hidup. Melainkan menjadi laboratorium untuk meracik dan memformulasikan mobil yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen.
ADVERTISEMENT
Melalui divisi Gazoo Racing, Toyota mampu menciptakan kendaraan yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi jalan serta sanggup memenuhi kebutuhan pelanggan. Sesuai dengan slogan: making ever-better cars.
"Karena motorsport memberikan kami kesempatan untuk mendorong diri kami hingga batas maksimal dan bersaing untuk sebuah supremasi," ujar Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda dalam sebuah acara virtual beberapa waktu lalu.

Sejarah Gazoo Racing

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) berdiri pada tahun 2015. Namun, jejak langkah TGR sudah dimulai sejak tahun 2007 ketika para karyawan Toyota sukarela bergabung dalam tim balap dengan nama GAZOO Racing untuk mengikuti balap ketahanan Nurburgring 24 Jam di Jerman.
Akio Toyoda pun turut ikut serta sebagai master driver, berjibaku di kerasnya persaingan yang tak ada habisnya dalam 24 jam dengan mengandalkan 2 unit Toyota Altezza RS200. Berkat semangat dan tekad yang kuat, TOYOTA GAZOO Racing berhasil melewati garis finish.
Cerita di Balik Lahirnya Varian Toyota GR Sport (55677)
zoom-in-whitePerbesar
Teaser Toyota Yaris Gazoo Racing Foto: dok. Carscoops
Pencapaian pertama ini menjadi gambaran bagaimana TOYOTA GAZOO Racing didirikan dengan penuh semangat menghadapi tantangan, yang bertujuan untuk memulai perubahan.
ADVERTISEMENT
Spirit dan determinasi untuk terus berjuang dalam meraih hasil tertinggi mendorong berdirinya TOYOTA GAZOO Racing (TGR) pada tahun 2015. Motorsport diposisikan sebagai bagian dari komitmen menghasilkan mobil produksi massal yang lebih baik di masa depan.
TOYOTA GAZOO Racing sudah mengikuti beragam ajang balap yang terus mendorong TGR untuk berkembang. Hingga saat ini, TGR sudah mendominasi World Endurance Championship (WRC), World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally.

Mobil yang lahir dari pengembangan Gazoo Racing

TOYOTA GAZOO Racing dihuni oleh teknisi terbaik Toyota yang memiliki pengalaman dan data yang didapat langsung dari sirkuit balap sebagai acuan untuk mengembangkan mobil baru dalam upaya menantang diri berdasarkan filosofi Roads Build People, People Build Cars.
Cerita di Balik Lahirnya Varian Toyota GR Sport (55678)
zoom-in-whitePerbesar
Toyota GR Supra di Sirkuit Sentul Foto: dok. TAM
Produk pertama yang berhasil dilahirkan oleh TGR didasarkan dari kerasnya sirkuit balap yakni GR Supra. Mobil ini dilatih supaya bisa menaklukan Nurburgring atau yang dikenal sebagai Green Hell.
ADVERTISEMENT
Berkat masukan dari pebalap profesional dan test driver TGR, membentuk karakter dan performa dari GR Supra agar bisa memuaskan gairah pengguna tanpa harus mengkhawatirkan kehilangan kendali.
Produk racikan TGR selanjutnya menggoda pecinta mobil sport di seluruh dunia, yakni GR Yaris. Hot hatch ini mengusung DNA dari Toyota Yaris WRC yang berhasil mencetak prestasi yang mengagumkan di ajang reli dunia.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
GR Yaris dikembangkan menggunakan metode reverse engineering, di mana keterampilan dan performa dari sirkuit balap disuntikkan ke produk massal. Biasanya, kendaraan jalan raya yang disesuaikan supaya mampu bersaing. Pendekatan ini memastikan GR Yaris memiliki kualitas yang amat baik dan menawarkan berkendara yang menyenangkan.
Sayangnya, GR Yaris hanya diproduksi sangat terbatas dengan tujuan memenuhi syarat homologasi. Proses perakitan GR Yaris sendiri pun sangat spesial, dilakukan oleh anggota tim takumi, teknisi Toyota yang memiliki keterampilan tinggi.
ADVERTISEMENT

Varian GR Sport di Indonesia

Tidak hanya mobil sport yang diberi julukan GR, ada produk TGR lain yang diberi julukan GR Sport sebagai sporty car yang dibekali dengan DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing. Terdapat beberapa sentuhan yang diberikan untuk membuat mobil ini tidak hanya tampil lebih sporty tetapi terkesan eksklusif dan menarik perhatian.
Cerita di Balik Lahirnya Varian Toyota GR Sport (55679)
zoom-in-whitePerbesar
Deretan varian baru Toyota GR Sport di Indonesia Foto: dok. TAM
Di Indonesia, model pertama yang mendapatkan varian GR Sport adalah All New Raize yang meluncur di akhir April 2021. Kini, seiring dengan respons positif terhadap varian tersebut, TAM memperluas pilihan ke Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Veloz GR Limited. Khusus untuk Veloz, mobil yang dikembangkan di dalam negeri ini diproduksi dalam jumlah terbatas, yakni tak lebih dari 4.000 unit.
ADVERTISEMENT

Toyota Raize 1.0L Turbo GR Sport

Sebagai model pertama yang mendapatkan varian GR Sport, Raize berhasil menjawab kebutuhan pengendara yang mempertimbangkan fitur dan teknologi serta tampilan yang sporty.
Toyota Raize diaplikasikan pada platform terbaru milik Toyota, yakni Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini mengusung tiga unsur utama, agility, stability, dan visibility sehingga mobil lebih asyik dikendarai dan bisa menciptakan powertrain yang berorientasi pada efisiensi BBM serta rendah emisi.
Penggunaan TNGA ini diharapkan bisa memenuhi 5 objektif; keasyikan berkendara, nyaman, fleksibel dalam hal akomodasi, desain mobil yang menarik, dan keamanan serta keselamatan.
Cerita di Balik Lahirnya Varian Toyota GR Sport (55680)
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Raize GR Sport. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Mesin turbo saat ini sedang menjadi tren baru di roda empat. Melalui mesin ini, pabrikan mampu menawarkan sebuah kendaraan dengan performa yang mantap namun tetap irit bahan bakar.
ADVERTISEMENT
Di balik kapnya, Toyota Raize mengemas mesin turbo berkapasitas 1.000 cc 3-silinder yang menjanjikan tenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 14,3 kgm pada rentang 2.400-4.000 rpm. Sehingga mampu memberikan akselerasi yang memadai di jalanan kota dan highway.
Selain hadir dengan varian yang menggunakan mesin turbo dan dilengkapi dengan safety yang canggih, Raize juga memiliki varian 1.2 untuk memberikan pilihan yang lebih banyak bagi pelanggan dan mampu memenuhi kebutuhan setiap orang.
Raize menjadi bukti bagaimana Toyota piawai membuat formulasi sebuah mobil yang menjawab tren dan kebutuhan. Fitur-fitur canggih menjadi nilai tambah untuk mobil ini.
Semua tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, dan Alarm+Immobilizer.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk tipe 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, dilengkapi dengan 6 airbags dan sebuah paket fitur Toyota Safety Sense (TSS), yang di dalamnya terdapat fitur Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020