Otomotif
·
18 April 2021 5:24

Cerita di Balik Land Rover Defender yang Jadi Mobil Jenazah Pangeran Philip

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita di Balik Land Rover Defender yang Jadi Mobil Jenazah Pangeran Philip (336405)
searchPerbesar
Anggota Keluarga Kerajaan mengikuti mobil jenazah, sebuah Land Rover yang dimodifikasi khusus, selama pemakaman Pangeran Philip. Foto: Pool via REUTERS
Upacara pemakaman Pangeran Philip telah berlangsung pada Sabtu, 17 April 2021. The Duke of Edinburgh, dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya di kapel St, George di kawasan Kastil Windsor.
ADVERTISEMENT
Namun jenazah Pangeran Philip diangkut pakai kendaraan yang tak biasa. Umumnya dalam prosesi pemakaman, pengangkutan jenazah pakai mobil yang memiliki ruang kabin. Tapi tidak untuk kekasih Ratu Elizabeth II itu.
Cerita di Balik Land Rover Defender yang Jadi Mobil Jenazah Pangeran Philip (336406)
searchPerbesar
Land Rover yang akan membawa peti mati Pangeran Philip sudah disiapkan olehnya sendiri sejak 2003. Foto: dok. Instagram
Mobil jenazahnya berupa Land Rover Defender 130 Gun Bus, yang dipilih dan dirancang khusus oleh Pangeran Philip pada 2003 lalu, demikian mengutip laporan Reuters dan Auto Evolution.
Cerita di Balik Land Rover Defender yang Jadi Mobil Jenazah Pangeran Philip (336407)
searchPerbesar
Land Rover Defender. dok. Autoevolution
Kini setelah 18 tahun, mobil jenazah tersebut benar-benar difungsikan, setelah Pangeran Philip wafat 9 April lalu pada usia 99 tahun. Pada bagian buritan didesain dengan bak terbuka dan dipasangkan rel untuk memudahkan meletakkan peti.
Caradvice menyebut Defender 130 berkelir hijau tua khas militer itu menggunakan mesin 2.500 cc 5-silinder turbodiesel, di atas kertas menjanjikan tenaga 122 dk dan torsi 300 Nm.
ADVERTISEMENT
Kendaraan yang dijadikan sebagai mobil jenazah itu telah ada pada 2016 lalu. Malah sebagai antisipasi hal yang tak diinginkan, telah disiapkan lagi 2 Land Rover sejenis untuk acara pemakaman Pangeran Philip.
Cerita di Balik Land Rover Defender yang Jadi Mobil Jenazah Pangeran Philip (336408)
searchPerbesar
Anggota Keluarga Kerajaan berjalan di belakang mobil jenazah, sebuah Land Rover yang dimodifikasi khusus, di halaman Kastil Windsor selama pemakaman Pangeran Philip. Foto: Pool via REUTERS
Land Rover Defender sejatinya dihadirkan karena mengedepankan fungsionalitas dan utilitas. Dari bentuknya Defender cocok digunakan mulai dari zona konflik, proyek penelitian, bantuan bencana kemanusiaan, hingga dikenal tahan segala macam medan dan cuaca.
Bahkan Land Rover Defender sempat digunakan tentara Inggris untuk keperluan militer, sehingga punya hubungan historikal bagi negara dan keluarga kerajaan khususnya.
Cerita di Balik Land Rover Defender yang Jadi Mobil Jenazah Pangeran Philip (336409)
searchPerbesar
Potret Mesra Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip Foto: Instgaram @theroyalfamily
Banyak yang menilai keterlibatan Defender rancangan Pangeran Philip menggambarkan hasrat desain dan sifat praktis pada dirinya. Lebih dari itu, Land Rover Defender juga simbol yang merepresentasikan aura yang sama seperti saat Pangeran Philip wafat.
ADVERTISEMENT

Pangeran Philip loyalis Land Rover

Tak banyak yang tahu, Pangeran Philip boleh dibilang loyalis Land Rover sampai akhir hayatnya. Jelang tutup usia, Pangeran Philip sempat mengalami kecelakaan pada 2019 lalu.
Cerita di Balik Land Rover Defender yang Jadi Mobil Jenazah Pangeran Philip (336410)
searchPerbesar
Petugas menjaga lokasi kecelakaan Pangeran Philip di Sandringham, Norfolk, Inggris. Foto: REUTERS /DYLAN BAILEY
Saat itu Land Rover Freelander yang dikemudikannya terbalik tak jauh dari perkebunan Sandringham, di timur Inggris.
Salah satu penumpang yang berada di dalam kendaraan diketahui patah pergelangan tangan. Namun seorang bayi selamat tanpa cedera. Sejak saat itu mengutip pernyataan Istana Buckingham, Pangeran Philip berhenti mengemudi di jalan umum.
***
Saksikan video menarik di bawah ini: