Otomotif
·
14 Agustus 2020 8:13

Cerita Konsumen: Mitsubishi Xpander Bukan Cuma Mobil Keluarga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Konsumen: Mitsubishi Xpander Bukan Cuma Mobil Keluarga (3114)
Mitsubishi Xpander yang digunakan konsumen di kebun sawit. Foto: dok. Sonny Eka Putra
Bolak balik masuk hutan dan perkebunan sawit di Lampung, Sumatera Selatan sudah jadi kebiasaan Sonny Eka Putra. Tapi menjadi tak biasa ketika Sonny menjalani aktivitasnya itu tanpa menggunakan mobil SUV, pikap kabin ganda, atau kendaraan berpenggerak 4-roda.
ADVERTISEMENT
Sonny justru mempercayakannya pada Mitsubishi Xpander, sebuah kendaraan yang justru identik dengan mobil keluarga dan berpenggerak roda depan.
Cerita Konsumen: Mitsubishi Xpander Bukan Cuma Mobil Keluarga (3115)
Cerita konsumen dengan Mitsubishi Xpander untuk berpetualang di kebun kelapa sawit di Lampung, Sumatera Selatan. Foto: dok. Sonny Eka Putra
"Jadi gue itu setiap bulannya beberapa kali harus berpergian antar pulau dan masuk kebun sawit, 1.000 km lebih. Makanya gue butuh mobil yang nyaman dan matik biar enggak capek," ujar Sonny saat berbincang dengan kumparan melalui sambungan telepon, Rabu (12/8).
Tiga tahun Mitsubishi Xpander sudah menemani kegiatannya sebagai pengusaha kelapa sawit. Khusus untuk pekerjaan, mobilnya itu Sonny akui memiliki keunggulan yang ia butuhkan, utamanya dari ukuran dimensi.
Cerita Konsumen: Mitsubishi Xpander Bukan Cuma Mobil Keluarga (3116)
Mitsubishi Xpander yang digunakan konsumen di kebun sawit. Foto: dok. Sonny Eka Putra
"Namanya di kebun kan sempit, ini enggak tahu kenapa radius putarnya kecil jadi muternya gampang. Sering juga bawa pupuk, sama ground clearance tinggi, nah Xpander ini lebih tinggi dari sesama model lain di kelasnya menurut gue, jadi naik turun jembatan ke pool kapal feri juga bukan masalah besar," sambungnya.
Cerita Konsumen: Mitsubishi Xpander Bukan Cuma Mobil Keluarga (3117)
Sonny Eka Putra bersama Mitsubishi Xpander miliknya. Foto: dok. Sonny Eka Putra

Saat Mitsubishi Xpander, balik ke fitrahnya sebagai mobil keluarga

Cerita konsumen Mitsubishi Xpander ini berlanjut. Ketertarikannya pada mobil terbaru itu bukannya tanpa alasan. Usai melakoni test drive di salah satu diler di Jakarta, Sonny langsung mengajukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).
Cerita Konsumen: Mitsubishi Xpander Bukan Cuma Mobil Keluarga (3118)
Mitsubishi Xpander yang digunakan konsumen di kebun sawit. Foto: dok. Sonny Eka Putra
Nah di sini cerita menarik bermula. Idealnya mobil yang baru turun dari diler umumnya harus menjalani masa inreyen, artinya tidak boleh digeber pada kecepatan tertentu karena masih tahapan penyesuaian antar komponen mobil.
ADVERTISEMENT
Tapi Sonny boleh dibilang ngeyel, tidak sabar untuk membawanya jalan-jalan beserta keluarga. Setelah Mitsubishi Xpander-nya punya pelat nomor, Sonny langsung berkelana bersama anak dan istrinya.
"Asli sebetulnya enggak lazim sih. Waktu itu langsung gue bawa touring Jawa-Bali, tapi alhamdulillah gue berempat sama anak dan istri nyaman-nyaman aja sih dan tanpa kendala," katanya.
Cerita Konsumen: Mitsubishi Xpander Bukan Cuma Mobil Keluarga (3119)
Mitsubishi Xpander yang digunakan Sonny Eka Putra di kebun sawit di Lampung. Foto: dok. Sonny Eka Putra
Urusan penunjang kenyamanan dan akomodasi, Sonny serahkan kepada konfigurasi jok dan ragam slot penyimpanan Xpander, yang ia nilai sudah mumpuni memenuhi kebutuhan ketika bertamasya.
Jok tengah dengan mode pelipatan 60:40 diakui makin memudahkan Sonny membawa anaknya saat berpergian. Pada sisi kanan jok tengah, biasa ia lipat bersamaan dengan jok baris belakang, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai ruang tidur anaknya.
ADVERTISEMENT
"Ditambah semacam ambalan di tengahnya jadi si kecil bisa tidur," imbuhnya.
Cerita Konsumen: Mitsubishi Xpander Bukan Cuma Mobil Keluarga (3120)
Mitsubishi Xpander yang digunakan konsumen di kebun sawit. Foto: dok. Sonny Eka Putra
Selama pandemi ini saat tidak bisa melancong jauh, Sonny hanya sesekali menengok kebun sawitnya. Selebihnya Mitsubishi Xpander dengan odometer lebih dari 80 ribu kilometer miliknya itu jadi andalan sebagai mobil keluarga berpetualang kecil di dalam kota.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona