Chery Mulai Studi Mobil Baru untuk Lawan Avanza-Xpander di Indonesia

22 Februari 2024 6:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Rencana peluncuran mobil baru Chery di Indonesia.  Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Rencana peluncuran mobil baru Chery di Indonesia. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Strategi produk Chery Indonesia rupanya tak cuma SUV, mobil listrik, hingga model kendaraan hybrid setrum atau PHEV. MPV termasuk ke dalam perencanaan model yang bakal dirilis perusahaan China itu.
ADVERTISEMENT
Wacana tersebut sejatinya telah tersiar setahun lalu, lantaran sadar betul bahwa preferensi market Indonesia dominannya masih mengarah ke mobil multi guna, terlebih segmen Low MPV yang telah diisi Toyota Avanza hingga Mitsubishi Xpander.
"Mengenai Low MPV, minggu lalu tim Chery datang ke Indonesia untuk mempelajari market-nya, ini merupakan bukti bahwa kami melakukan riset dan pengembangan di sini," ujar Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia Qu Ji Zong saat ditemui kumparan akhir pekan lalu di JIExpo Kemayoran.
Progress CKD mobil listrik Chery Omoda E5 di Indonesia. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Hanya saja hal tersebut bukan berarti akan menjadi keputusan, bahwa Chery akan segera meluncurkan produk MPV murah di tanah air.
"Yang mau kami tunjukkan ke konsumen adalah step by step, kami baru launch belum lama. Sebenarnya kami punya banyak produk, namun sebelum diluncurkan kami lakukan studi lokal. Kami nggak hanya mau luncurkan di sini, kami mau pastikan pasarnya cocok dengan strategi kami," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Peluncuran harga resmi mobil listrik Chery Omoda E5 di Indonesia. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Dalam perencanaan produknya pada tahun ini, masih berkutat pada model SUV. Totalnya ada empat, berupa Tiggo 5X, Tiggo 8 Pro Max, mobil PHEV, dan satu lagi masih dirahasiakan.
Chery masuk Indonesia kembali pada 2022 lalu, kemudian langsung melego model Tiggo series berupa 7 Pro dan 8 Pro. Tak lama kemudian, pabrikan melepas ke pasar Chery Omoda 5 dalam dua varian: Z dan RZ.
Setahun berikutnya Chery tak tinggal diam. Klaimnya produk Chery Omoda 5 mendapat sambutan yang positif, kemudian memutuskan menambah satu varian flagship yang dinamakan Chery Omoda 5 GT, bermodalkan mesin bensin 1.600 turbo dan penggerak all wheel drive (AWD).
Peluncuran harga resmi mobil listrik Chery Omoda E5 di Indonesia. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Lebih lanjut pada akhir 2023, Chery mendobrak pasar dengan rencana menjual dan turut merakit lokal mobil listrik Chery Omoda E5 di fasilitas PT Handal Indonesia Motor.
ADVERTISEMENT
Indonesia menjadi negara pertama yang menjual Chery Omoda E5, dengan harga jual Rp 498,8 juta dan sudah diumumkan pada awal Februari 2024 lalu.