Otomotif
·
3 Oktober 2020 12:40

Corona Tak Kunjung Reda, Permintaan Mobil Spek Ambulans Meningkat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Corona Tak Kunjung Reda, Permintaan Mobil Spek Ambulans Meningkat (264424)
Isuzu mu-X di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Pandemi corona yang belum reda dan kasus positif COVID-19 yang meningkat, berimbas pada banyaknya permintaan mobil untuk dijadikan ambulans. Salah satunya Isuzu, yang kebanjiran pesanan beberapa modelnya seperti MU-X maupun Traga.
ADVERTISEMENT
General Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril mengatakan, permintaan yang besar mendorong pabrikan menyetoknya di diler dalam jumlah besar.
Corona Tak Kunjung Reda, Permintaan Mobil Spek Ambulans Meningkat (264425)
Media Test Drive Isuzu MU-X Foto: dok. Isuzu Astra Motor Indonesia
"Rasanya hampir semua varian kendaraan kita mulai pikap, sampai truk, kemudian MU-X merupakan potensi dijadikan ambulans dan pelayanan kesehatan," ungkap Attias dalam sesi diskusi virtual, Kamis (1/10).
Isuzu MU-X dipilih karena ada pilihan sistem penggerak semua roda. Diharapkan atas kemampuannya itu bisa menerjang ragam kondisi jalan demi kemaslahatan orang banyak.
"Hari ini sumbangan cukup besar bagi penjualan Isuzu keseluruhan. Bahkan sepertinya tuntutannya harus ready stock," lanjutnya.
Corona Tak Kunjung Reda, Permintaan Mobil Spek Ambulans Meningkat (264426)
Isuzu mu-X. Foto: Astra Isuzu
Kendati demikian, peningkatan tadi belum bisa membantu pertumbuhan penjualan. Penjualan retail Isuzu masih terkoreksi 19,9 persen. Selama Januari hingga Agustus 2019 pabrikan melakukan penjualan sebesar 13.108 unit, turun dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 10.488 unit.
Corona Tak Kunjung Reda, Permintaan Mobil Spek Ambulans Meningkat (264427)
Penyerahan bantuan Astra berupa 5 unit Toyota Hiace untuk RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Penjualan Toyota Hiace dan Hilux juga meningkat untuk dijadikan mobil ambulans

Namun tak cuma Isuzu, brand Toyota juga mengalami tren yang sama. Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan terjadi lonjakan penjualan khususnya model Hiace.
ADVERTISEMENT
"Hiace itu Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)-nya 800 unit bulan ini. Atau 790-an unit sampai kemarin. Sebagian itu datangnya dari rumah sakit ya seperti ambulans," ujarnya.
Sebelum adanya pagebluk, rata-rata penjualan Hiace sekitar 300 unit katanya. "Jadi ini cukup tinggi peningkatannya," tambah Anton.
Corona Tak Kunjung Reda, Permintaan Mobil Spek Ambulans Meningkat (264428)
Toyota New Hilux 2020 resmi meluncur, Kamis (27/8). Foto: dok. TAM
Selain Hiace, tren penjualan Toyota Hilux kabin ganda terpantau juga mengalami peningkatan. Kendaraan ini juga kerap dipilih untuk dimodifikasi menjadi armada pelayanan kesehatan rumah sakit.
"Saya kasih contoh saja, Hilux Double Cabin itu dari sisi SPK 460 unit di September, ini sangat jauh di atas target kami sekitar 300-an unit," pungkasnya.