Otomotif
·
13 Agustus 2020 18:54

Daihatsu Recall Sirion Masalah Pompa Bensin di Malaysia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daihatsu Recall Sirion Masalah Pompa Bensin di Malaysia  (2694)
Daihatsu Sirion Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Daihatsu recall Sirion di Malaysia, karena kerusakan pada pompa bahan bakar atau fuel pump.
ADVERTISEMENT
Melansir dari Paultan, kondisi yang dialami oleh Perodua Myvi --sebutan Daihatsu Sirion di Malaysia-- sama persis seperti yang terjadi pada produk lain seperti dari Toyota, Honda, Mitsubishi, dan Nissan di Indonesia.
Kerusakan itu diduga berasal dari bagian impeler pompa bahan bakar yang dapat berubah bentuk dan bisa memicu kegagalan fungsi. Akibat kegagalan fungsi itu, mobil pun bisa kehilangan tenaga atau bahkan mati secara tiba-tiba.
Adapun unit Daihatsu Sirion yang di-recall di Malaysia ini dikhususkan untuk unit dengan tahun produksi mulai 2018 hingga 2019. Sementara untuk unit Sirion dengan produksi Oktober 2019 ke atas dipastikan aman dari kasus kerusakan pompa bahan bakar tersebut.
Daihatsu Recall Sirion Masalah Pompa Bensin di Malaysia  (2695)
Daihatsu Sirion Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Menariknya, pihak Perodua rupanya tidak melakukan recall terhadap seluruh Sirion dengan rentan tahun produksi 2018 hingga 2019. Melainkan hanya difokuskan pada Sirion yang sudah memiliki jarak tempuh kilometer sangat tinggi.
ADVERTISEMENT
“Karena itu, kami memilih untuk hanya menghubungi pemilik yang kendaraannya telah melewati jarak tempuh tertentu, karena kemungkinan terjadinya permasalahan tersebut lebih tinggi,” kata presiden dan CEO Perodua Datuk Zainal Abidin Ahmad.
Tak hanya itu saja, Perodua juga enggan merinci berapa jumlah unit Sirion di Malaysia yang terlibat recall akibat permasalahan pompa bahan bakar tersebut. Alasannya, hal itu untuk menghindari kemungkinan para pengguna Sirion yang langsung berbondong-bondong ke bengkel resmi untuk perbaikan.
Daihatsu Recall Sirion Masalah Pompa Bensin di Malaysia  (2696)
Daihatsu Sirion Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Dengan situasi pandemi COVID-19 yang masih terjadi di negeri Jiran itu, membuat Perodua lebih memilih melakukan pemanggilan secara bertahap kepada para konsumen.
“Berkomunikasi langsung dengan pelanggan tentu akan memudahkan kami untuk melakukan pengaturannya dan pada saat yang sama juga berguna untuk menghindari kepanikan,” tambah Zainal Abidin.
ADVERTISEMENT

Bagaimana dengan Daihatsu Sirion di Indonesia?

Lalu, dengan adanya pemanggilan kembali atau recall yang dilakukan terhadap Perodua Myvi di Malaysia, tentu menimbulkan pertanyaan terkait nasib Daihatsu Sirion di Indonesia. Apakah akan mengalami recall serupa atau tidak, sebab Daihatsu Sirion yang dipasarkan di Indonesia sendiri, merupakan produksi dari Perodua Malaysia.
Menanggapi kemungkinan terjadinya recall terhadap Daihatsu Sirion di Indonesia, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, pun angkat bicara.
Saat ini belum ada recall, karena kasus fuel pump Sirion di Indonesia belum dikategorikan recall namun warranty biasa," jelas Amelia kepada kumparan, Kamis (13/8) pagi.
Daihatsu Recall Sirion Masalah Pompa Bensin di Malaysia  (2697)
Daihatsu Sirion 2020 Foto: Astra Daihatsu Motor
Meski belum menemukan kasus kerusakan terhadap Sirion di Indonesia yang diakibatkan permasalahan fuel pump, Amelia mengatakan bahwa Daihatsu tetap akan memantau situasi perkembangan di masyarakat.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)