Otomotif
·
25 Agustus 2020 17:27

Dalam Sebulan, Toyota Indonesia Umumkan 2 Kampanye Recall Innova dan Fortuner

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dalam Sebulan, Toyota Indonesia Umumkan 2 Kampanye Recall Innova dan Fortuner (47342)
Toyota Innova. Foto: Istimewa
Toyota Indonesia dalam sebulan terakhir sudah mengumumkan dua kali kampanye penarikan kembali atau recall. Sebelumnya pada awal Agustus, pabrikan mengajak konsumen tertentu untuk perbaikan mobil akibat masalah fuel pump.
ADVERTISEMENT
Terbaru, Toyota juga melayangkan perbaikan kembali pada model-model tertentu akibat masalah selang vacuum rem.
Dalam Sebulan, Toyota Indonesia Umumkan 2 Kampanye Recall Innova dan Fortuner (47343)
Toyota Innova. Foto: Istimewa
Kesamaan dari kedua recall tersebut adalah sama-sama menyasar Toyota Innova dan Fortuner. Kemudian timbul pertanyaan, apakah dua model tadi mengalami dua kali perbaikan? Yakni untuk mengganti fuel pump dan selang vacuum rem.
Menjawab ini Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy memastikan hal tersebut tidak terjadi. Sebab unit yang terdampak merupakan berasal dari tahun produksi yang tak sama.
"Berbeda rentang waktu dengan penarikan kembali untuk fuel pump. Benar ada model IMV (International Multipurpose Vehicle, merujuk pada Innova dan Fortuner) yang terlibat. Tapi rentang produksinya antara September 2013 hingga Mei 2019," buka Anton kepada kumparan, Senin (24/8).
Dalam Sebulan, Toyota Indonesia Umumkan 2 Kampanye Recall Innova dan Fortuner (47344)
Toyota Fortuner SRZ. Foto: dok. TAM
Papar Anton boleh dibilang tepat, sebab recall karena masalah selang vacuum rem khusus Innova maupun Fortuner tertentu yang dibuat antara 16 hingga 28 Agustus 2019.
ADVERTISEMENT
"Penarikan kembali di Indonesia terkait vacuum hose ini jumlahnya 1.633 unit, Fortuner 539 unit dan Kijang Innova 1.094 unit," sambung Anton.
Dalam Sebulan, Toyota Indonesia Umumkan 2 Kampanye Recall Innova dan Fortuner (47345)
Toyota Fortuner TRD yang disegarkan di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Dihubungi terpisah Dealer Technical Support PT TAM Didi Ahadi menjelaskan, selang vacuum rem berfungsi untuk memvakum booster rem, sehingga pedal rem empuk saat diinjak.
Namun karena adanya proses vulkanisasi, seiring pemakaian selang tersebut berubah bentuk dan mempengaruhi kerja rem. "Sehingga saat kempot, kinerja memvakum booster rem berkurang dan pedal rem terasa berat atau bagel," katanya.
Dalam Sebulan, Toyota Indonesia Umumkan 2 Kampanye Recall Innova dan Fortuner (47346)
Toyota Innova Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Tanda-tanda unit Toyota Innova dan Fortuner kena recall

Apabila pemilik mobil merasakan gejala tersebut atau ada malfungsi lain pada sistem pengereman, akan timbul indikator peringatan pada panel instrumen mobil.
Didi menyarankan untuk berkendara lebih hati-hati dan segera menuju bengkel resmi Toyota terdekat. Bila perlu tepikan kendaraan dan menghubungi layanan pusat pelanggan di 1 500 315 (1 500 898 Astra World) untuk mendatangkan Toyota Mobile Service (TMS).
ADVERTISEMENT
"Pedal rem saat diinjak jadi berat, maka pengereman jadi tidak maksimal, sebaiknya jaga jarak kendaraan dan jaga kecepatan," pungkas Didi.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona