Otomotif
·
15 Juli 2021 7:10
·
waktu baca 1 menit

Dapat Diskon PPnBM, Lebih Laris Toyota Yaris atau Honda City Hatchback

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dapat Diskon PPnBM, Lebih Laris Toyota Yaris atau Honda City Hatchback (693111)
searchPerbesar
Toyota Yaris di IIMS Hybrid 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Persaingan kendaraan segmen hatchback kembali memanas setelah Honda merilis mobil baru. Honda City Hatchback yang dijagokan meneruskan kiprah Honda Jazz, harus bisa menunjukkan tajinya melawan Toyota Yaris.
ADVERTISEMENT
Apalagi keduanya mendapatkan stimulus dari pemerintah berupa diskon PPnBM. Sehingga harga jualnya menggiurkan bagi calon konsumen yang memang menyukai mobil berbasis sedan tanpa ekor itu.
Mumpung data wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) mobil per Juni 2021 yang dikompilasi Gaikindo keluar, siapa di antara Yaris dan City Hatchback yang jadi mobil hatchback terlaris di Indonesia?
Data berbicara, jawabannya adalah Honda City Hatchback yang terdistribusi sebanyak 1.494 unit selama bulan Juni. Torehan ini naik drastis hingga 85 persen dari bulan sebelumnya yang hanya mencatat penjualan 805 unit.
Secara komposisi, dari dua tipe transmisi yang dipasarkan, varian matik CVT yang paling besar terserap pasar sebanyak 84 persen. Mengenai pengaturan transmisinya bisa diatur menggunakan paddle shift.
ADVERTISEMENT
Toyota Yaris bukannya tanpa perlawanan. Angka distribusinya juga tinggi sudah melampaui seribu unit. Lebih tepatnya 1.187 unit. Jumlahnya juga melonjak tajam 114 persen dari bulan sebelumnya yang tersuplai sebanyak 554 unit.
Begitupun seperti City Hatchback, dominasi penjualannya merupakan tipe Yaris matik sebanyak 89 persen dari total wholesales. Selain itu, varian Yaris 3 airbag juga berkontribusi paling besar hingga 78 persen.
Dapat Diskon PPnBM, Lebih Laris Toyota Yaris atau Honda City Hatchback (693112)
searchPerbesar
Wholesales hatchback Juni 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Secara garis besar penjualan hatchback pada Juni naik dari bulan sebelumnya. Buktinya mengekor di belakang hatchback besutan Toyota, ada Suzuki Baleno yang terdistribusi sebanyak 159 unit. Mobil tersebut juga ikut naik distribusinya dari Mei sebanyak 106 unit.
Posisi berikutnya diisi MINI Cooper 33 unit. Pasokannya pada bulan Juni naik dari Mei yang hanya 29 unit. Lalu menutup lima besar dihuni Volkswagen Polo yang terdistribusi 12 unit, bulan sebelumnya 0.
Dapat Diskon PPnBM, Lebih Laris Toyota Yaris atau Honda City Hatchback (693113)
searchPerbesar
Honda City Hatchback RS resmi mengaspal di Indonesia, Rabu (3/3). Foto: dok. Honda Prospect Motor
Adapun penghitungan secara year to date dari Januari sampai Juni atau paruh pertama tahun ini, Toyota Yaris memuncaki klasemen segmen hatchback Indonesia sebanyak 3.495 unit yang telah terdistribusi.
ADVERTISEMENT
Baru diikuti Honda City Hatchback, yang secara mengejutkan sudah mencatatkan pasokan 3.088 unit. Padahal distribusinya baru dilakukan April, karena debutnya di Indonesia pada awal Maret.
Selebihnya bisa Anda simak pada grafik data penjualan di bawah.
Dapat Diskon PPnBM, Lebih Laris Toyota Yaris atau Honda City Hatchback (693114)
searchPerbesar
Wholesales hatchback Januari-Juni 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan