Otomotif
·
1 April 2020 13:01

Darurat Corona, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Jadi 1 Shift

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Darurat Corona, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Jadi 1 Shift (161238)
Ilustrasi produksi di pabrik Daihatsu Jepang. Foto: Nikkei
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memutuskan untuk membatasi waktu produksi mobil menjadi 1 shift sehingga karyawan pabrik bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu penerapan physical distancing di tengah wabah Covid-19 atau virus corona yang semakin meluas.
ADVERTISEMENT
Dengan produksi mobil menjadi 1 shift, karyawan pabrik akan bekerja bergantian setiap 2 hari sekali. Namun, untuk upah tetap dibayarkan secara penuh.
“Karyawan merupakan aset Daihatsu yang harus dilindungi. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman yang optimal untuk karyawan di masa pandemic Covid-19,” kata Amelia Tjandra, Corporate Planning dan Communications Director PT Astra Daihatsu Motor lewat rilis resminya, Rabu (1/4).
Darurat Corona, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Jadi 1 Shift (161239)
Logo Daihatsu Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di kalangan karyawan, ADM juga membuat tempat mencuci tangan di tempat yang mudah dijangkau. Sebelum masuk ke area pabrik, karyawan juga dicek suhu tubuhnya.
Selain itu karyawan juga bisa membeli vitamin tanpa resep dokter di fasilitas kesehatan untuk menambah imunitas. Fasilitas hotline 24 jam juga tersedia untuk karyawan yang ingin berkonsultasi dengan dokter.
ADVERTISEMENT
Prosedur juga diterapkan jika ada karyawan yang demam. Mereka harus masuk ke klinik yang sudah disediakan, dan apabila diperlukan, karyawan akan diberikan tes Covid-19 untuk memastikan yang bersangkutan positif terjangkit atau tidak.
Jika terbukti positif virus corona, karyawan bisa mendapat akses menuju rumah sakit dengan ambulance.
"Semoga pandemic global Covid-19 termasuk Indonesia bisa segera berakhir,” ujarnya.
Darurat Corona, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Jadi 1 Shift (161240)
Interior Daihatsu Sirion 2020. Foto: Astra Daihatsu Motor
Sebelumnya, ADM juga memberlakukan Work From Home (WFH) untuk karyawan di beberapa divisi. Dengan WFH, ADM menerapkan skema shift dan membagi karyawannya dalam beberapa tim.
Lalu untuk layanan penjualan dan servis kendaraan, Daihatsu juga tengah mengupayakan untuk meminimalisir terjadinya kontak keramaian. Pada layanan penjualan, Daihatsu terus mengupayakan agar calon konsumen melakukan pembelian secara digital, melalui website resmi Daihatsu atau Astra Daihatsu Mobile.
ADVERTISEMENT
Dalam website atau aplikasi, calon konsumen tidak hanya bisa bertanya terkait penjualan saja, namun juga bisa melakukan permintaan test drive di rumah. Sedangkan untuk layanan servis mobil rutin, Daihatsu menyarankan agar calon konsumen melakukan Home Service dengan melakukan booking di Daihatsu Access di nomor 1500898.
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!