Otomotif
·
19 Juli 2019 18:37

Debut Perdana Toyota Supra di Indonesia, Harga Rp 2 Miliar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Debut Perdana Toyota Supra di Indonesia, Harga Rp 2 Miliar (79443)
Toyota GR Supra bermesin 3.0L meluncur di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi memasarkan Supra generasi kelima di Indonesia. Meski model ini sudah eksis di dunia sejak lama, tapi ternyata TAM baru kali ini menjualnya.
ADVERTISEMENT
Generasi pertama mobil sport ikonik milik Toyota ini lahir pada 1978, kemudian generasi keempatnya baru di stop produksi pada 2002. Dikira sudah benar-benar mati, ternyata sang legenda kembali hidup, dan dipasarkan pada 2019 awal kemarin.
“Kami itu tidak pernah menjual Supra. Jadi Supra itu memang sebelumnya hanya dijual di Jepang, dan terkenal di Amerika Serikat, dan ini baru pertama kalinya dan resminya kami pasarkan di sini,” ucap Anton Jimmy Suwandi di pameran GIIAS 2019.
Debut Perdana Toyota Supra di Indonesia, Harga Rp 2 Miliar (79444)
Toyota GR Supra bermesin 3.0L meluncur di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Meski punya platform sama dengan Z4, secara tampilan produk baru dengan nama GR Supra ini, genre-nya lebih kepada sport coupe, kental nuansa agresif dan kebut-kebutan.
Wajahnya tampil gahar dengan bagian front end yang melengkung ke bawah seolah memenuhi gaya aerodinamika. Ditambah lagi bumper-nya memiliki airdam besar di tengah, kanan dan kiri, memberikan ciri khas sendiri.
ADVERTISEMENT
Gaya atapnya melandai ke bawah menyambung dengan spoiler dan sektor buritan yang seksi. Tampilan baru Supra ini tentu membawa babak baru lagi di kelas sport mewah Toyota.
Debut Perdana Toyota Supra di Indonesia, Harga Rp 2 Miliar (79445)
Toyota GR Supra bermesin 3.0L meluncur di GIIAS 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Tak hanya di luar, di bagian dalamnya pun GR Supra yang diboyong ke Indonesia punya perbedaan dengan saudaranya Z4. Meskipun, nuansa BMW cukup terasa di dalam.
Seperti head unit dengan floating screen, lalu lubang ventilasi AC yang memanjang di dasbor, serta console tengah dengan yang diisi tuas persneling, dan banyak tombol-tombol buat mengaktifkan fitur-fitur mobil.

Mesin

Sayangnya, pihak Toyota Indonesia belum memberikan data spesifikasi lengkap terkait GR Supra ini, hanya menyebutkan ukuran mesinnya saja di 3.000 cc.
Debut Perdana Toyota Supra di Indonesia, Harga Rp 2 Miliar (79446)
Bagasi belakang mobil Toyota GR Supra. Foto: Iqbal FIrdaus/kumparan
Sementara bila melihat spesifikasinya di luar negeri, mesin tersebut sudah berteknologi turbocharged enam silinder, dengan tenaga maksimal mencapai 335 dk dan torsi maksimum 498 Nm.
ADVERTISEMENT
“Karena banyak yang menanyakan detail Supra kami akan cari hari khusus mengundang media untuk membicarakan soal Supra khusus, performanya, spesifikasinya dan lainnya,” ucapnya.
Debut Perdana Toyota Supra di Indonesia, Harga Rp 2 Miliar (79447)
Tampilan depan mobil Toyota GR Supra. Foto: Iqbal FIrdaus/kumparan

Harga

Terkait dengan harga sendiri, Anton masih belum juga memiliki angka pastinya. Hanya saja dirinya memberikan gambaran, bila banderolnya bisa mencapai Rp 2 miliaran. Bila memang segitu harganya, ini merupakan mobil kedua yang dijual TAM setelah Land Cruiser yang tembus miliaran.
“Karena sekarang kami masih menunggu BBN KB, tapi kira-kira segitu harganya OTR Jakarta,” kata Anton.