Otomotif
·
23 September 2020 9:37

Demam Pasang Slot USB Fast Charging di Kabin Mobil, Berapa Ongkosnya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Demam Pasang Slot USB Fast Charging di Kabin Mobil, Berapa Ongkosnya? (81208)
searchPerbesar
Power outlet dan prt USB Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Fasilitas slot USB menjadi salah satu fitur yang wajib ada di mobil-mobil baru saat ini. Mengingat, gawai atau smartphone merupakan perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari mobilitas sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Nah, supaya alat komunikasi itu bisa tetap hidup, butuh dukungan fasilitas pengisian daya baterainya setiap saat, termasuk di kabin mobil.
Demam Pasang Slot USB Fast Charging di Kabin Mobil, Berapa Ongkosnya? (81209)
searchPerbesar
Port USB di baris ketiga Nissan Serena C27 Foto: Muhammad Ikbal
Bagi mobil yang belum dilengkapi fitur slot USB, ada baiknya pasang menggunakan produk aftermarket. Menurut Justin Wirawan, penggawa bengkel spesialis modifikasi dan aksesori Tirtajaya Variasi, makin banyak konsumennya yang datang buat memasang perangkat itu.
"Ya bisa dibilang setiap hari minimal satu lah, ada yang ke sini sekalian pasang atau kirim-kirim juga ada dan biasanya repeat order tuh beliin temannya karena info mulut ke mulut," terang Justin saat dihubungi kumparan, Selasa (22/9).
Produk slot USB yang ia jual besutan Oto Project. Keunggulannya memiliki lampu latar biru dan terdapat 3 slot. Sehingga dalam waktu bersamaan bisa charge 3 ponsel sekaligus.
Demam Pasang Slot USB Fast Charging di Kabin Mobil, Berapa Ongkosnya? (81210)
searchPerbesar
Slot USB fast charging mobil aftermarket. Foto: dok. Justinus Wirawan
Slot paling atas punya 2 fungsi, selain berguna mengisi daya, juga untuk menghubungkan gawai dengan head unit. Sementara 2 slot di bawahnya punya kuat arus 3 ampere (3.0) , makanya bisa menjanjikan pengisian daya cepat alias fast charging.
ADVERTISEMENT
"Kalau yang ini semuanya berfungsi, makanya banyak yang suka dan beli lagi. Beda dengan produk lain yang ngeklaim fast charging, tapi pas dipasang semuanya cuma satu slot yang cepat pengisiannya, slot yang lain turun," terang Justin.
Demam Pasang Slot USB Fast Charging di Kabin Mobil, Berapa Ongkosnya? (81211)
searchPerbesar
Slot USB fast charging mobil aftermarket. Foto: dok. Justinus Wirawan
Soal pemasangan Justin bilang sudah plug and play dan bisa diaplikasikan ke berbagai model mobil. Dalam artian soket to soket sehingga instalasinya mudah asalkan produk yang dipasang sesuai dengan mereknya.
Misal mau pasang untuk Avanza, maka harus pakai slot USB untuk Toyota, atau Xpander harus khusus dibuat untuk mobil Mitsubishi, begitu seterusnya.
Demam Pasang Slot USB Fast Charging di Kabin Mobil, Berapa Ongkosnya? (81212)
searchPerbesar
Slot USB fast charging mobil aftermarket yang terpasang di Toyota Alphard. Foto: dok. Justinus Wirawan
Tambah Justin, pemasangannya tergolong cepat karena umumnya tinggal mengganti slot dummy yang sudah disediakan pabrikan. Jadi mau pasang di dashboard atau konsol tengah sebenarnya mudah saja.
ADVERTISEMENT
"Misalnya kayak Brio itu ada di dashboard sisi pengemudi, kabelnya sudah disediain pabrikan, sekringnya sudah ada jadi tinggal colok. Tapi kalau belum ada slotnya biasanya jumper kabel," imbuhnya.
Demam Pasang Slot USB Fast Charging di Kabin Mobil, Berapa Ongkosnya? (81213)
searchPerbesar
Slot USB fast charging mobil aftermarket yang terpasang di Toyota Alphard. Foto: dok. Justinus Wirawan

Harga slot USB fast charging mobil aftermarket

Lalu berapa harga perangkat slot USB aftermarket ini? Justin bilang harganya Rp 400 ribu sudah termasuk pemasangan. Bagaimana, Anda berminat pasang?

Tirta Jaya Variasi

Telepon: 0812 2402 988 Alamat: Jl. Jendral Gatot Subroto Nomor 125, Kota Bandung, Jawa Barat.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona